by

Idris dan Agil Saling Klaim Digandeng Mukti

Ambon, BKA- Hampir dipastikan kalau perhelatan Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) akan diikuti oleh tiga bakal pasangan calon kepala daerah.

Tiga bakal pasangan clalon Bupati dan Wakil Bupati tersebut, yakni, Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian, Rohani Vanath-M. Ramli Mahu, serta Abdul Mukti Keliobas yang sampai saat ini belum juga menentukan pasangannya.

Salah satu perbincangan hangat masyarakat SBT saat ini bukan hanya mengenai pertarungan ketiganya, namun juga terkait siapa yang bakal mendampingi Bupati SBT defenitif itu untuk mempertahankan kursi kepemimpinannya nanti.

Sempat muncul di khalayak SBT terkait beberapa tokoh yang kemungkinan akan mendampingi Mukti. Namun wacanan itu kian mengerucut pada dua nama saja, yakni, Agil Rumakat (AR) dan M. Idris Rumalutur (IR).

Agil Rumakat merupakan Wakil Ketua DPRD SBT. Sedangkan M. Idris Rumalutur merupakan Ketua Yayasan Gita Tita Falamuri.

Keduanya hingga kini saling mengklaim akan digaet Mukti sebagai bakal calon Wakil Bupati SBT, pada Pilkada nanti.

Juru bicara Barisan Agil Rumakat (Barakat), Juhendi Risakota, pada BeritaKota Ambon mengatakan, sejauh ini sudah terbentuk simpul-simpul taktis serta simpatisan AR untuk melakukan konsolidasi di seluruh pelosok SBT. Hasilnya sangat baik. Karena itu, dirinya yakin Bupati Abdul Mukti Keliobas lebih memilih Agil Rumakat untuk mendampinginya di Pilkada nanti, ketimbang yang lain.

“Bersama pak Agil, kami sudah bekerja. Alhamdulillah hasilnya sangat baik. Dan kami punya hasil survei yang tidak bisa dibuka, karena itu untuk konsumsi internal kami, kalau secara statistik, pak Agil punya rating yang sangat bagus. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pertimbangan pak Mukti. Selain itu, semangat ini tidak hanya untuk kami yang di Bula saja, tapi ada juga dari Gorom dan wakate. Intinya, kami tetep dengan komitmen, bahwa semua keputusan tergantung pak Agil, kami semua siap dan menanti perintah beliau,” Jelas Juhendi.

Ditambahkan oleh salah satu loyalis Agil Rumakat, yang juga sebagai fungsionaris partai Golkar DPD SBT, Angga Maswatu, kalau dirinya merasa terkejut dengan keputusan DPP Partai Golkar yang memberikan surat tugas kepada Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai paket Calkada.

Menurut Angga, surat tugas itu seakan DPP Partai Golkar mengabaikan aspirasi simpatisan pada 15 kecamatan di Kabupaten SBT.

“Sebagai fungsionaris partai, memang keputusan DPP pada tanggal 2 kemarin terkait surat tugas itu, kami sebagai pengurus mulai dari kecamatan dan DPD II, memang merasa kaget. Karena kami sudah selesai melakukan tahapan penjaringan, dan kepuasan bulat pengurus, mulai dari kecamatan sampai tingkat kabupaten, mengutus kader terbaik partai Golkar SBT, yakni Pak Mukti Keliobas sebagai calon Bupati dan Pak Agil Rumakat sebagai calon Wakil Bupati. Walau begitu, kami masih yakin, sepanjang belum ada pernyataan resmi dari pak Mukti soal siapa yang mendampingi beliau, maka Pak Agil pun masih tetap memiliki peluang itu,” tegasnya.

Beda halnya yang disampaikan fungsionaris Partai PPP SBT, Muhammad Kelian, yang sangat yakin kalau Mukti akan menggaet Idris Rumalutur sebagai pasangannya di Pilkada nanti.

“Idris Rumalutur akan mendampingi Mukti, pasalnya yang menjadi pembeda Idris dengan beberapa tokoh lain yang digadang-gadang akan mendampingi Mukti, yaitu, Idris lebih fokus membantu MK dalam upaya melobi dukungan partai. Idris berhasil mendapatkan dukungan politik PKPI dan kemungkinan besar juga partai PPP,” pungkas Kelian.(LAN)

Comment