by

Indag Sesuaikan Relokasi Pedagang Mardika

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, akan menyesuaikan relokasi atau pemindahan para pedagang pasar Mardika. Sebab, proyek revitalisasi pasar Mardika akan tetap dilakukan dalam tahun ini, dan para pedagang akan tetap dipindahkan.

Akan tetapi, proses relokasi akan dilakukan sesuai kondisi, mengingat saat ini di Ambon sedang masih dilanda pandemi Covid 19. Yang mengharuskan masyarakat untuk lebih banyak berdiam diri di rumah.

Kepala Disperindag Kota Ambon, Pieter Leuwol mengatakan, untuk relokasi pedagang akan tetap dilakukan karena revitalisasi tetap akan dilakukan sesuai rencana Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota. “Untuk pedagang tahun ini kita akan pindahkan, nanti kita lihat kondisi,” tegas Pieter, saat dikonfirmasi koran ini, Sabtu (2/5).

Menurutnya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Balai Jalan terkait masalah revitalisasi tersebut. Dan proses tender akan segera dilaksanakan karena saat ini sudah memasuki pertengahan tahun 2020.

“Kita sudah koordinasi dengan dinas terkait juga di provinsi dan balai jalan. Jadi yang pasti itu pelaksanaan tendernya itu tahun ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, sebelumnya pemindahan pedagang direncanakan pada tiga lokasi di Kota Ambon, yakni di Pasar Apung, Transit Passo dan Pasar Oleh-Oleh Tantui dengan jumlah pedagang kurang lebih 2.327 pedagang.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy beberapa waktu lalu juga mengakui, untuk dana revitalisasi pasar Mardika dipotong dari Rp 160 miliar menjadi Rp 3.8 miliar saja. Namun, tidak menjadikan hambatan dalam proyek tersebut karena akan tetap dilaksanakan dalam tahun ini.

“Anggaran kali ini cuma 3,8 miliar yang penting dia ada supaya tahun depan itu dia merupakan multiyear daripada sama sekali tidak ada,” ucap Louhenapessy baru baru ini. (DHT)

Comment