by

Irwil Kemenkumham Beri Motivasi WBK-WBBM

Ambon, BKA- Ispektur Wilayah II Kemenkumham RI, Icon Siregar lakukan kunjungan kerja terkait pelaksanaan tugas pengawasan fungsional di Kanwil Kemenkumham Maluku, Selasa (12/1). Dalam kunjungan itu, Icon memberikan motivasi kepada jajaran Kemenkumham Maluku untuk meraih WBK da WBBM.

Icon mengatakan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendapatkan peringkat ketiga dari seluruh kementerian dan lembaga lainnya, dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dua hal dimaksud, menjadi acuan bagi satuan kerja (Satker) maupun Kanwil yang belum meraih predikat tersebut.

“Kalah bukan berarti gagal, tetapi itu adalah keberhasilan yang tertunda. Sehingga kedepan lebih fokus terkait WBK/WBBM. Untuk itu, di tahun ini harus mampu melakukan yang terbaik, lakukan kerjasama, berdiskusi dengan tim pokja dan jangan segan-segan meminta pendampingan pusat,” terang Icon, dalam rilisnya kepada koran ini.

Icon meyakini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Ambon yang belum meraih predikat WBK/WBBM, bukan karena fisiknya. Tetapi karena faktor pendukung kurang lebih mendalam. Sehingga perlu dilakukan pembenahan-pembenahan guna meraih predikat tersebut.

Icon juga menjelaskan, terkait keinginan Presiden yang telah dijabarkan oleh Menteri Hukum dan HAM untuk dapat dilakukan secara berjenjang, baik ditingkat pusat maupun daerah.

“Penyerapan anggaran tahun 2020 sebagaimana telah ditetapkan telah terpenuhi. Untuk itu, di tahun 2021 harus lebih ditingkatkan lagi. Kita sama-sama telah mendengarkan sambutan Menkumham, arahan Wamenkumham dan juga Plt. Sekjen, Ispektorat Jenderal yang mana poin penyerapan anggaran 2021 terkait dengan kontrak, belanja barang dan jasa segera dilakukan untuk kontribusi perputaran uang dimasyarakat. Hindari revisi anggara sesuai dengan penjelasan menteri keuangan,” pesannya.

Dirinya juga menyampaikan kepada Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) yang telah mendapatkan materi penguatan ASN, agar dapat menyesuaikan diri sesegera mungkin. Dia turut memberikan catatan buat Satker yang mendapat kuota CPNS, untuk memberikan pengarahan, pembimbingan terutama mengenai etika, kepada CPNS, karena pintar, cerdas, gesit belum cukup kalau tidak dikuatkan integritasnya.

“Hal tersebut sangat diperlukan oleh Kemenkumham. Dan apabila kedua hal ini jika digabungkan dan sudah dimiliki oleh CPNS, maka organisasi kita akan lebih baik, oleh karena itu, tugas kita adalah terus memantau sesuai dengan keinginan organisasi,” imbuh dia.

Diakhir arahannya, Icon menghimbau kepada seluruh jajaran agar tetap dispilin dalam bekerja serta melakukan inovasi sesuai dengan kebijakan pimpinan sehingga terarah. Dan teruslah berpikir positif, dan jangan memperbesar pemikiran negatif agar aura kekuatan muncul.

“Mari sama-sama membangun Kemenkumham dengan penuh semangat tanpa bersungut-sungut. Semua sudah ada aturan, sudah ada ketentuan, semua sudah terkompas, tinggal melaksanakannya. Mari bersemangat bergandeng tangan bekerjasama sehingga ditahun 2021 kita bisa mendapatkan predikat WBK/WBBM terbanyak,” tutupnya. (LAM).

Comment