by

Jalan Banggoi-Werinama Harus Jadi Prioritas APBD 2021

Ambon, BKA- DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT memprioritaskan pembangunan jalan Banggoi-Werinama, dalam batang tubuh APBD 2021 mendatang.

Anggota legislatif Kabupaten SBT, Fadli S. Elbetan, mengatakan, hal itu penting untuk mendukung mobilitas masyarakat Kecamatan Werinama dan Siwalalat menuju Kecamatan Bula selalu ibukota kabupaten tersebut.

Elbetan mengatakan, dalam pengamatannya pada kurung waktu lima tahun belakangan, Pemkab SBT terlihat tidak serius dalam menuntaskan masalah keterisolasian masyarakat Kecamatan Werinama dan Siwalalat.

“Saya melihat perkembangan proses pemerintahan di SBT, kami DPRD pada prinsipnya mendukung langkah-langkah pemerinta daerah. Namun pada saat reses kemarin, masyarakat sangat mengeluhkan persoalan pembangunan jalan Banggoi-Werinama. Sehingga dari keluhan atau usulan itu, saya rekomendasi dalam poin-poin reses. Karena itu, sikap saya selaku anggota DPRD, saya tegaskan kepada pemerintah daerah agar melihat jalan Banggoi Werinama sebagai skala prioritas. Dan saya memastikan untuk mengawal jalan lintas Banggoi-Werinama harus dimasukkan dalam batang tubuh APBD tahun anggaran 2021,” tegas Elbetan, Senin (14/9).

Selain itu, dia mengatakan, akses jalan yang selama ini digunakan masyarakat kedua kecamatan tersebut menuju kota Bula, dalam kondisi rusak parah. Sehingga waktu perjalanan masyarakat lebih lama. Yang biasanya hanya 6 sampai 8 jam, sekarang menjadi 14 hingga 16 jam menuju kota Bula.

“Kalau kita mau lihat kondisi jalan yang saat ini menjadi satu-satunya akses ke Bula, sebenarnya yang lewat ini bukan manusia biasa. Saya katakan seperti ini, karena kondisi jalan yang sudah rusak parah. Belum lagi kalau musim hujan, masyarakat harus bertaruh nyawa melintasi sungai yang ada. Sehingga bagi saya, tidak ada alasan untuk tidak membangun jalan lintas Banggoi-Werinama. Ketegasan ini saya sampaikan atas nama rakyat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada tahun anggaran 2020, Pemkab SBT sudah mengalokasikan Rp 15 miliar untuk pembangunan jalan lintas Banggoi -Werinama dalam Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun karena bertepatan dengan wabah Covid-19, sehingga proses pembangunan jalan lintas Banggoi-Werinama tidak bisa dilakukan.(LAN)

 

 

Comment