by

Jalur Penerbangan Aru Dibuka Dua Kali Dalam Seminggu

Ambon, BKA- Setelah melalui kajian, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru mengiyakan instruksi Gubernur Maluku, Murad Ismail, untuk membuka jalur transportasi udara dua kali dalam sepekan, yakni, Selasa dan Jumat.

“Ya, pada prinsipnya kami sepakat dan setujuh mendukung seluruh program pemerintah lewat pak nubernur. Namun alangkah baiknya disepakati dengan niat yang baik, supaya memberikan semangat dan motivasi yang baik kepada seluruh masyarakat, agar bersama-sama menjaga Kabupaten Kepulauan Aru yang kita cintai bersama dari penyebaran Covid-19,” ungkap Sekretaris Daerah Kepulauan Aru, Moh. Jumpa, dalam rapat bersama dengan Forkopimda Aru, Jumat (14/8).

Menutut Sekda, dengan dibukanya jalur transportasi udara tersebu, mudah-mudahan fasilitas medis yang ada di kabupaten itu dapat memback-up secara penuh hal yang tidak inginkan.

“Saya percaya, mudah-mudahan kita mampu untuk menanganganinya dengan baik. Dan dengan semangat bersama-sama untuk menjaga Kabupaten Kepulauan Aru, terutama menjaga diri kita masing-masing,” ujar Djumpa.

Ditempat yang sama, Pabung Aru Kodim 1503/Tual, Mayor Arm Hi. La Musa, mengatakan, semua pihak menginginkan agar pembukaan akses penerbangan di Dobo dapat berjalan dengan lancar seperti sebelumnya.

“Intinya, mudah-mudahan apabila memang transportasi dibuka, saya harapkan agar betul-betul tidak terjadi apa-apa. Sehingga semuanya berjalan dengan baik sesuai keinginan kita semua,” tambahnya.

Untuk itu, ditambahkan oleh Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Rama Rimeiar Putra, agar pembukaan jalur penerbangan itu dapat disesuaikan dengan ketersedian peralatan medis yang dimiliki Pemkab Kepulauan Aru saat ini.

Selain itu, dia mengingatkan seluruh masyarakat di kabupaten itu agar tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan. “Kami juga selaku pimpinan Lanal, kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungaan dari masyarakat Aru, untuk bersama-sama kita menjaga diri kita serta menjaga masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru tetap berada di Zona Hijau. Jalur udara yang dibuka ini harus seimbang dengan kesiapan kita dari sisi medis,” ujarnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Kepulauan Aru, Erens Pieter Kalorbobir, mengatakan, dalam instruksi Gubernur Maluku, Murad Ismail, terdapat empat poin penting, yakni, pertama, segera membuka akses jalur transportasi udara minimal dua kali dalam seminggu. Kedua, memberlakukan secara ketat protokol kesehatan sesuai standar penanganan Covid-19. Ketiga, melaksanakan pengawasan secara ketat terhadap setiap pelaku perjalanan, baik masuk maupun keluar. Keempat, melaksanakan instruksi Gubernur Maluku secara bertanggung jawab serta wajib melaporkan pelaksanaannya.

“Jadi keputusan bersama hasil rapat tindaklanjut instruksi gubernur, antara Wakil Bupati, Kapolres Aru, Danlanal Aru, Pabung Kodim 1503, Plh. Kejari, Sekda, FKUB, Kadis Perhubungan, Dinas Kesehatan, RSUD, BPBD, UPBU, Wings Air, semuanya sepakat dua kali penerbangan dalam seminggu,” tutup Erens. (WAL)

Comment