by

Jamaludin Bugis Pimpin Kanwil Kemenag

Ambon, BKA- Menteri Agama RI, Fachrul Razi, melantik Jamaludin Bugis sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

Sebelumnya, Bugis menjabat Plt KaKanwil Kemenag Maluku, paska ditinggalkan Fesal Mudsad yang dilantik sebagai KaKanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelantikan dilakukan Menag secara virtual bersamaan dengan sejumlah pejabat eselon II lainya, yang berlangsung di Operation Room Kemenag RI di Jakarta, Jumat (10/7).

Dalam sambutannya, Menag mengatakan, pengangkatan para pejabat tinggi di Kementerian Agama dilakukan dengan sangat adil melalui proses tahapan seleksi.

“Saya yakin dan percaya, saudara dapat melaksanakan tugas dan tangungjawab dengan sebaik-baiknya,” kata Fachrul Razi.

Menag berharap, pejabat yang dilantik tidak hanya sekedar menjadi pejabat, tapi dapat menjadi penjaga marwah dan citra Kementerian Agama.

Usai dilantik, Bugis mengatakan, dalam rangka pengisian jabatan dan juga mutasi, sesungguhnya merupakan sebuah langkah untuk melakukan peningkatan kualita kerja perbaikan dan perubahan mendadasar dari pengelolaan birokrasi.

Untuk itu, amanat Menag akan menjadi acuannya kinerjanya di 100 hari kerja kedepan. Semoga semuanya terlaksana dengan baik, seperti yang telah dilakukan oleh KaKanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad.

“Gerakan inovasi akan menjadi sebua langkah yang akan saya ambil, untuk melakukan sebuah perubahan besar,” ujarnya.

Ada tiga program strategis yang akan dilakukan oleh Bugis di awal kepemimpinannya. Pertama, peningkatan pemahaman masyarakat Maluku terhadap agama yang dianut. Kedua, peningkatan kualitas kerukunan beragama. Ketiga, penguatan moderasi beragama.

Tiga program stratgeis ini, kata Bugis, akan menjadi prioritas untuk menciptakan Maluku yang toleran, rukun, memiliki pemahaman agama baik dan moderasi beragama, sehingga tercipta masyarakat yang saling menghormati, saling menerima kemajemukan dan menghargai perbedaan dalam kehidpuan sosial.(RHM)

Comment