by

Janji Menkes Datangkan Relawan Medis Harus Direalisasi

Ambon, BKA- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Ruslan Hurasan, meminta agar janji Menteri Kesehatan (Menkes), dr. Terawan Agus Putranto, terkait upaya mendatangkan relawan medis ke Maluku, harus direaliasikan.

Dia menilai, janji Menkes itu merupakan langkah tepat dan dibutuhkan pemerintah dan masyarakat Maluku, khususnya dalam penanganan wabah Covid-19.

“Saya kira janji pak Menteri akan membantu Maluku dengan menyediakan relawan medis, asalkan daerah siap menerimanya. Itu perlu diapresiasi. Tetapi yang jadi pertanyaan, bagaimana proses ke depan itu bisa direalisasi. Jangan hanya janji saja,” ujar Hurasan, Selasa (7/7).

Untuk itu, dia mendiring pemerintah daerah untuk menanggapi itu dengan serius, untuk menerima kedatangan relawan medis yang dijanjikan. Apalagi jika kontrak dari APBN. Ini perlu, karena Maluku dengan karakteristik wilayah kepulauan, sangat rentan dan masih kekurangan sarana infrastruktur kesehatan, termasuk tenaga medis.

Bahkan kondisi ini sudah terjadi puluhan tahun. Tetapi selama ini belum ada perhatian pemerintah, untuk melakukan pemerataan tenaga kesehatan disetiap daerah.

“Jika tenaga medis atau relawan yang didatangkan jadi tanggungjawab pusat melalui APBN, maka pemerintah daerah harus meresponya dengan baik. Sebab ini untuk kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Maluku, kata dia, sebelum adanya wabah Covid-19 memang sudah mengalami masalah kekurangan tenaga medis, termasuk relawan. Apalagi di daerah, banyak terjadi kekosongan.
Untuk itu, janji orang nomor satu di Menkes itu perlu dikawal secara baik.

Menurut Politisi PKB ini, kehadiran tiga Menteri di Maluku, khusus Kota Ambon, yang merupakan daerah terpapar Covid -19 tertinggi, tentu menjadi bagian dari perhatian pemerintah pusat.

“Saya kira dengan kedatangan tiga Menteri itu, membuktikan bahwa ada perhatian pemerintah pusat ke Maluku. Namun harus dibuktikan dengan yang dijanjikan, datangkan relawan dan tenaga kesehatan. Saya berharap, jangan hanya janji, tetapi harus direalisasi,” tandansya.

Sebelumnya, Senin (6/7), ada tiga Menteri yang berkunjung ke Maluku, antara lain, Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, untuk membahas berbagai persoalan terkait penanganan Covid-19 di Maluku.

Menkes pada kesempatan itu mengatakan, siap membantu menyediakan relawan medis, asalkan pemerintah daerah siap menerimanya.

“Untuk kekurangan tenaga medis seperti yang disampaikan Gubernur Maluku, kami bisa membantu dengan menyediakan relawan medis. Yang kami minta, hanya kesiapan daerah untuk menerimanya. Jika siap, kita lakukan,” pungkasnya. (RHM)

Comment