by

Juknis KBM Disdik Jadi Rujukan

Ambon, BKA- Jelang tahun ajaran baru 2020/2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon belum mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang baru.

Untuk itu, SD Negeri 2 Latuhalat masih akan menggunakan Juknis KBM yang dikeluarkan oleh Disdik Kota Ambon sebelumnya sebagai rujukan, yakni, juknis yang mengintruksikan KBM dilakukan di rumah akibat pandemi Covid-19.

Kepala SD Negeri 2 Latuhalat, C. Slingkery, mengatakan, jika sampai pada tahun ajaran baru belum ada Juknis KBM yang baru, maka pihaknya akan tetap merujuk pada juknis yang sebelumnya, yakni, KBM tetap dilakukan di rumah.

”Jadi kami merujuk pada juknis dari dinas, sampai ada perintah selanjutnya. Kalau tidak ada, maka tetap bekajar di rumah,” terangnya.

Memang berbagai persiapan maupun strategi telah disiapkan sekolah untuk menyambut tahun ajaran baru, bila ada perubahan Juknis KBM. Tapi sepanjang belum ada juknis baru, maka sekolah akan berjalan seperti tahun ajaran sebelumnya.

“Memang kesiapan berdasarkan kalender akademik, pasti sekolah menyiapkan hal-hal teknisnya. Tapi soal Juknis KBM, kita masih tetap pada juknis yang lama. Jadi, kalau tidak ada perubahan, maka tetap belajar dilakukan di rumah. Tidak bisa kita lakukan di sekolah, kalau tidak ada perintah,” papar Slingkery.

Karena itu, pihaknya akan tetap menunggu kebijakan lanjutan dari pemerintah, terkait teknis KBM tahun ajaran baru nanti.

“Virus Covid-19 kan masih terus menyebar. Karena itu, kita tidak bisa memaksakan situasi dan kondisi. Kalau tidak ada juknis yang baru, itu berarti KBM masih tetap dilakukan di rumah. Menunggu intruksi selanjutnya, berdasarkan perkembangan Covid-19 di Maluku, khususnya Kota Ambon ini,” pungkasnya. (LAM)

Comment