by

Kajari Aru Gelar Upacara Secara Virtual

Ambon, BKA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Aru melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 secara nasional melalui virtual dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, di Aula Kantor Kejari Kepulauan Aru, Rabu (22/7).

Pantauan BeritaKota Ambon, upacara yang digelar secara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Jaksa Agung RI, Dr. ST. Burhanuddin.

Dalam pidatonya, Burhanuddin Iebih menekankan agar para jaksa berkomitmen melaksanakan penegakan hukum dalam suasana wabah pandemi Covid-19, serta Pilkada serentak 2020 yang terselenggara di 261 Kabupaten/Kota dan 9 Provinsi yang tersebar di Negara Kesatuan Indonesia.

“Saya ingin para jaksa berkomitmen dalam melaksanakan penegakan hukum, khususnya dalam suasana pandemi Covid-19. Harus berjalan dengan baik,” ujar Jaksa Agung itu.

Selain itu, dia kembali menegaskan tentang 8 point penegakan hukum kepada jaksa se-Indonesia.

Pertama, harus menanamkan jiwa Tri Krama Adhyaksa sebagai pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan.

Kedua, harus merapatkan barisan untuk terus bergerak dan berkarya dalam ikatan jiwa korps Adhyaksa yang solid dan militan.

Ketiga, mewujudkan penegakan hukum berkeadilan yang mampu memberikan kepastian hukum dan kemanfaatan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Keempat, meningkatkan pelayanan publik yang transparan, efektif, serta efisien guna memulihkan dan membangun kepercayaan publik.

Kelima, harus segera beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan tugas sehari-sehari-hari.

Keenam, meminta agar menyukseskan dan memastikan setiap kebijakan pemerintah percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional agar dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketujuh, mewujudkan netralitas, independensi dan peran aktif dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang berkualitas.

Kedelapan, terus menjaga citra dan kewibawaan aparatur kejaksaan melalui penguatan integritas dan profesionalitas.

“Saya ingatkan, jangan lupa delapan fungsi ini harus diutamakan dalam penegakan hukum ya,” ingat Burhanuddin.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Aru, Andi Panca Sakti, mengatakan, siap melanjutkan pesan Jaksa Agung.

“Apa yang disampaikan Jaksa Agung akan kami lanjutkan melalui tindakan nyata kepada masyarakat dan penegakan hukum, khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru,” tandas Kajari.(WAL)

Comment