by

Kakanwil Kemenkumham Beberkan Parameter Penentuan Jabatan

Ambon, BKA- Proses mutasi, rotasi dan promosi jabatan, ialah hal biasa yang terjadi dalam sebuah organisasi. Namun yang jadi parameter dalam menentukan sebuah jabatan pegawai, berdasarkan pertimbangan kapasitas, loyalitas, pendidikan, pelatihan, nilai pengabdian, serta komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, saat melantik 3 pejabat administrator dan 1 pejabat pengawas dijajarannya, Selasa (12/1).

Kata Andi, Kemenkumham memerlukan orang-orang yang memiliki kompetensi, berintegritas, profesional, berkinerja tinggi, dan mempunyai moralitas yang bagus serta mampu mengabdi, berkomitmen terhadap sumpah jabatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk itu, dirinya meminta kepada para pejabat yang baru dilantik, untuk lakukan perubahan, menjaga integritas dan harus menjadi contoh, serta jangan lakukan penyimpangan saat menjalankan tugas.

“Sebagai seorang pejabat, saudara harus menjadi contoh, harus peka dan sensitif terhadap kondisi saat ini. Jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan, setiap penyimpangan cepat atau lambat akan terbaca dan diketahui oleh publik. Maka itu, jaga integritas sedini mungkin, lakukan perubahan baik itu perubahan sikap, pola pikir maupun budaya kerja, serta senantiasa jalin hubungan dan sinergitas yang harmonis antar sesama,” pesan Andi.

Dia juga menambahkan, kinerja sebuah organisasi dapat terwujud, apabila didukung oleh kualitas dan kompetesi sumber daya didalamnya.
“Diharapkan agar para pejabat yang baru dilantik, agar memahami dengan baik bahwa jabatan mempunyai peran penting dan strategis dalam struktur organisasi. Oleh sebab itu saudara harus mencerna dan memastikan roda organisasi dibawahnya bergerak kearah yang sama, dan yang sudah ditentukan,” tutupnya. (LAM)

Comment