by

Kapolda Ikuti Upacara Hari Pancasila

Ambon, BKA- Didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Maluku, Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar menyaksikan Live Streaming Upacara Hari Lahir Pancasila bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta, bertempat di Rumah Jabatan Kapolda Maluku. Senin(1/6).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat kepada awak media mengatakan, seperti ketahui, Tanggal 1 Juni 1945 adalah tanggal di mana Ir Soekarno membacakan naskah dasar negara Indonesia.

“Dari situ, kelima poin usulan Soekarno setelah mendapat berbagai masukan dari para pendiri bangsa kemudian pada 18 Agustus 1945 ditetapkan sebagai dasar negara.Karena itu, 1 Juni kini diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila,” jelas Roem, Senin (1/6).

Dia mengaku, upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2020, ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah wabah Virus Corona atau Covid-19.

Upacara dilangsung secara online dan bisa diikuti melalui Link Live Streaming atau di https://www.youtube.com.
Peringatan dipusatkan di Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat, dan diikuti oleh seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemprov dan Pemkab/Pemkot seluruh Indonesia dan Perwakilan RI di luar negeri. Termasuk Jajaran Polda Maluku.

“Sebagaimana diketahui, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan sekaligus sebagai hari libur nasional,” tandasnya.
(SAD)

Comment