by

Kapolda: KPU Harus Jujur

Ambon, BKA- Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar, mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, agar bekerja jujur sesui dengan undang-undang yang berlaku.

Hal itu dia sampaikan karena saat ini, proses pentahapan Pilkada akan kembali dilakukan di empat kabupaten di Maluku, yakni, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Seram Bagian Timur (SBT), Buru Selatan (Bursel) dan Kepulauan Aru.

Sehingga untuk dapat menciptakan Pilkada yang berkualitas, aman dan damai di empat kabupaten itu, maka penyelenggara harus mengutamakan prinsip kejujuran.

“Harus disampaikan informasi benar, supaya kita tidak ragu dengan keputusan,” ucap Kapolda Maluku, saat melakukan silaturahmi ke Kantor KPU Provinsi Maluku, Jumat (19/6).

Pada silaturahmi itu, Kapolda Maluku didampingi Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Kombes Pol Leo Simatupang, bertemu dengan Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun.

Selain silaturahmi, Kapolda tersebut menjalin sinergitas dengan KPU, dalam rangka menghadapi Pilkada serentak di Desember 2020 mendatang.

“Kan ada aturan-aturan baru dalam pentahapan Pilkada serentak ini. Makanya saya datang ingin mengetahui hal ini juga, sekaligus membangun silaturahmi,” lanjut Kapolda.

Sementara itu, Ketua KPU, Syamsul Rifan Kubangun, mengaku, mendapat suatu kehormatan karena dikunjungi oleh orang nomor satu di jajaran Polda Maluku itu.

Namun secara keseluruhan, ungkap Kubangun, dia dan jajarannya siap untuk menggelar Pilkada di empat kabupaten di Maluku.

Proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak ini dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19, sesuai yang diatur oleh pemerintah pusat.

“KPU tunduk seperti pada Perpu. Dan dalam kondisi Pandemi ini, kita harus taat pada protokol kesehatan,” jelas Kubangun.(SAD)

Comment