by

Kapolda Minta Bawaslu Buat SE Teknis Pilkada

Ambon, BKA- Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar, meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku agar membuat Surat Edaran (SE) terkait teknis pelaksanaan Pilkada di empat kabupaten penyelenggara di Maluku.

Hal itu dilakukan agar Pilkada di empat kabupaten itu dapat berjalan lancar dan aman, tanpa adanya gangguan dari masyarakat. Sehingga teknis pelaksanaan Pilkada dapat tersosialisasi dengan baik di tengah masyarakat.

Jika dalam perjalanannya ada yang menyeleweng dari teknis pelaksanaan, kata Kapolda, akan langsung berhadapan dengan Gakumdu.

“Sebaiknya Bawaslu buat Surat Edaran bagi keempat kabupaten yang laksanakan Pilkada, terkait teknisnya. Jika nanti tidak sesuai, ada Gakumdu yang akan memperingatinya. Sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada gangguan Kamtibmas nantinya,” pesan Kapolda, saat menerima kunjungan Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely, di ruang kerja, Jumat (3/7).

Orang nomor satu di instansi kepolisian Maluku itu juga mengatakan, pelaksanaan Pilkada tidak akan berjalan lancara sesuai rencana, kalau tidak ada sinergitas dalam kegiatan atau proses tersebut.

“Setiap perencanaan pentahapan Pilkada harus direncanakan dengan baik dan betul-betul. Pelaksanaan sidang harus selesai, administrasi harus betul. Dan harus ada bukti-bukti setiap notulen dan setiap tahapan harus kita tahu, walaupun kecil pelanggarannya,” pintahnya.

Pada Desember 2020 mendatang, ada empat kabupaten di Maluku yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Yakni, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru, Buru Selatan, dan Maluku Barat Daya (MBD).

Untuk itu, Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely, pada kesempatan itu berharap, ada petunjuk yang disampaikan oleh Polda Maluku dan jajarannya terkait pengamanan ketika proses tahapan Pilkada berlangsung.

Bukan hanya itu, Ely juga menegaskan kalau pada pelaksanaan Pilkada mendatang, berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan. “Bahwa pada saat pelaksanaan Pilkada, tetap mematuhi protokol kesehatan. Terkait APD, sudah bicarakan dengan pemerintah daerah. Dan sudah direalisasikan, sementara masker dan handhanitazer,” tutupnya.(BKA-1)

Comment