by

Kasus Covid-19 Bertambah

Penyebabnya, PP dan Orang Luar Maluku

Ambon, BKA- Kasus pasien positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Maluku terus bertambah. Lagi-lagi yang divonis merupakan warga luar Maluku dan warga Maluku yang baru datang dari perjalan luar daerah.

Sebelumnya, jumlah pasien positif corona di Maluku tercatat sebanyak 17 orang. Namun karena ditambah tiga pasien positif baru, sehingga jumlahnya menjadi 20 orang.

Diantara 20 pasien positif itu, 11 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Ketua Harian Gugus Tugas Penencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, Sabtu (25/4), mengungkapkan, tiga orang yang merupakan penambahan pasien positif Covid-19, yakni, seorang sebagai Pelaku Perjalanan (PP) dari Kota Bau-Bau, Provinsi Sulawesi tenggara, dan dua orang lagi merupakan Anak Buah Kapal (ABK) KM. Dobonsolo.

Lebih lanjut, PP asal Bau-Bau itu hendak pergi ke Gemba, Kecamatan Seram Bagian Barat(SBB), Maluku Tengah (Malteng), untuk ziarah. Karena ada keluhan sakit, dirinya pergi Ke Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon untuk memeriksa.

Di RST, PP tersebut ditahan oleh tim medis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun dari hasil swab yang terakhir, hasilnya reaktif atau positif Covid-19.

Sedangkan untuk dua ABK yang telah dinyatakan positif itu, sementara lagi dirawat pada Balai Diklat BPSDM Maluku.

Selain itu, ada juga kabar gembira dari salah satu pasien yang positif alias Kasus 03 yang dirawat, telah dikabarkan sembuh saat melakukan beberapa kali tes. Hasil swab terkahir, pasien 03 dinyatakan negatif atau bisa disebut sembuh.

Karena baru saja dinyatakan sembuh, Pasien 03 tersebut belum bisa dipulangkan. Sementara masih berada pada Rumah Sakit Umum (RSU) di Ambon, untuk pemastian lebih lanjut.

“Selain itu, Orang Dalam Pengawasan (ODP) bertambah tiga, yakni, dari Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) satu orang, Kabupaten Kepulauan Aru satu orang dan Kabupaten Buru satu orang,” kata Kasrul.

Kasrul yang juga Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku ini juga melanjutkan, kalau untuk Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di Ambon terdapat satu oranh yang dinyatakan sembuh.

“Untuk Pesien Dalam Pemantaua (PDP) turun satu, yaitu, dari Kota Ambon. ODP dari 64 orang naik 67 orang, sedangkan PDP dari 19 orang turun menjadi 18 orang,” ungkapnya

Lanjut Sekda Maluku ini, bahwa pasien positif Covid-19 yang dalam perawatan di Maluku, terdapat sembilan pasien. “Total kasus hingga sekarang mencapai 20 khasus, 11 pasien sembuh dan sembilan masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan,” terangnya

Sementara itu, pihaknya (Kasrul), masih selalu berupaya untuk melakukan tracking atau bisa dibilang melacak riwayat perjalanan dari seluruh pasien yang baru saja dinyatakan positif Covid-19, guns memutus penyebaran pandemi ini dari masyarakat lain.

“Untuk pasien-pasien tambahan, tim akan menanyakan proses perjalanan mereka dengan baik. Situasi inikan ditanyakan harus pelan-pelan, agar mereka menjawab dan penelusuran atau tracking akan kami jalankan,” pungkasnya.(BKA-1)

Comment