by

Kasus Covid-19 Sudah Tembus 100 Lebih

Pasien Sembuh Bertambah 4 Orang

Ambon, BKA- Hanya berselang beberapa hari, pada pekan lalu, terjadi peningkatan cukup drastis terhadap jumlah kasus positif Covid-19 di Maluku. Saat ini, jumlahnya sudah menembus angka seratus.

Awal pekan lalu, 11 Mei, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Maluku mengkonrfimasi, kalau jumlah kasus positif Covid-19 di Maluku sebanyak 36 orang. Jumlah itu bertambah pada 12 Mei, menjadi 50 kasus.

Namun hanya berselang sehari kemudian, 13 Mei, jumlah itu kembali bertambah menjadi 62 kasus. Kembali bertambah pada 15 Mei menjadi 72 kasus. dan Bertambah lagi pada 16 Mei menjadi 84 kasus.

Saat ini, jumlah itu bertambah cukup drastis menjadi 107 kasus karena ada penambahan sebanyak 23 kasus baru. Demikian ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, di Kantor Gubernur Maluku, Minggu (17/5).

Kepada awal media, Kasrul mengatakan, tingginya angka penambahan jumlah kasus Covid-19 di Maluku, disebabkan oleh ketidakpatuhan masyarakat terhadap anjuran pemerintah.

Katanya, bila masyarakat tidak patut dengan anjuran pemerintah, maka jumlah kasus positif Covid akan terus naik. Karena yang bisa menekan dan mematikan angka penyebaran kasus ini, hanya bila masyarakat mematuhi seluruh anjuran pemerintah.

“Kalau kita tidak patuh, maka akan selalu ada penambahan,” terang Kasrul.

Untuk itu, pihaknya tengah mengupayakan untuk memperketat pengawasan pada pintu-pintu masuk daerah, maupun akan mengintensifkan sosialisasi di seluruh rumah ibadah.

Selain adanya penambahan jumlah kasus, ada juga kabar baik terkait penambahan jumlah pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Mereka dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab negatif.

Total pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh hingga saat ini, sudah sebanyak 21 orang. Sedangkan pasien yang meninggal dunia, tercatat 6 orang. Demikian ungkap Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Maluku, Melky Lohy, saat mendampingi Kasrul Selang.

“Yang sembuh bertambah jadi 21. Sebelumnya 17 dan sekarang 4 telah sembuh lagi, yakni, kasus 06, kasus 28, kasus 26 dan kasus 27. Mereka adalah, satu masyarakat dan tiga tenaga kesehatan,” pungkas Melky.(BKA-1)

Comment