by

Kebijakan Pemerintah Sulit Diterapkan di TK

Ambon, BKA- Pembelajaran jarak jauh dinilai sulit diterapkan bagi siswa Taman Kanak-Kanak (TK).

Sejak pemberlakuan belajar rumah akibat pandemi Covid-19 ini, semua tingkatan sekolah termasuk TK, ikut memberlakukan hal tersebut. Namun hingga memasuki bulan kedua dari proses pembelajaran ini, anak-anak usia dini tersebut tidak bisa dipaksakan untuk terus memberlakukan kebijakan tersebut lantaran pola pembelajaran mereka lebih banyak bermain ketimbang belajar.

Hal ini yang dirasakan anak-anak di TK Adhyaksa XXVII Ambon selama pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan. Demikian ungkap Kepala Sekolah (Kepsek), Dolfina Latuwael, Senin (27/4).

Menurutnya, selama ini pihaknya terus mengikuti semua peraturan bahkan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Khususnya dalam hal pencegahan penyakit corona. Tetapi dengan melihat kondisi anak-anak didiknya yang terbilang masih sangat kecil itu membuat dia merasa sangat prihatin, sehingga mulai memberikan ruang untuk mereka beraktivitas dirumah sesuai dengan kebutuhan agar tidak merasa bosan.

“Mereka ini masih sangat kecil. Jadi kita mau paksa mereka untuk belajar, juga tidak mungkin. Jadi kalau mereka mau belajar, berarti bersyukur. Tapi kalau tidak mau, ya kita harus membujuk dulu, baru bisa belajar. Tapi proses belajar terus kita lakukan setiap hari,” ucap Latuwael

Meski demikian, katanya, pihaknya akan terus berupaya agar anak-anak didiknya itu bisa menyempatkan waktu dirumah untuk belajar. Memanfaatkan buku-buku paket yang sudah dibagikan dari sekolah pasca belajar dirumah ini mulai dilakukan.

“Buku yang dibagikan itu kan sudah diatur jadwal disertai jam belajar mereka. Sehingga kita tinggal pantau proses belajarnya lewat orangtua saja, melalui grup wathsaap yang sudah dibuat. Jadi biar tidak maksimal, tapi mereka masih belajar sampai sekarang ini,’’paparnya.

Kata dia, sekalipun dalam proses tersebut ada berbagai kendala dan hambatan, namun dia terus berharap kepada para guru maupun orangtua agar tetap menjalani semuanya dengan baik. Dengan harapan proses belajar di sekolah bisa kembali dilakukan lagi.

‘’ Karena banyak anak-anak yang tanya, Ibu guru kapan masuk sekolah lagi. Mereka ini kan masih kecil jadi biar sudah jelaskan, tetapi pasti tanya ulang lagi karena memang belajar dirumah ini mereka rasakan sangat lama. Belum lagi mereka ini tidak keluar rumah bermain. Sehingga Saya selalu minta kepada orangtua untuk damping anak-anak ini dan selalu berikan pemahaman kepada mereka. Kita berdoa agar terus diberikan kesehatan dan keselamatan agar melalui wabah ini dengan segala baik,’’pungkas Patiwael. (LAM)

Comment