by

Kelurahan Batu Meja Gelar Sosialisasi Pelaku UKM

Ambon, BKA- Kelurahan Batu Meja, kecamatan Sirimau, menggelar sosialisasi bagi pelaku Usaha Kecil Menengah ( UKM). Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi pelaku usaha agar bisa terampil dalam menggunakan setiap modal yang iberikan. Sosialisasi menghadirkan narasumber dari pihak koperasi. Setelah melakukan sosialisasi pelaku UKM diberikan modal untuk usaha.

“Jadi kami akan memberikan sosialisasi dan pedoman bagi warga sebagai pelaku usaha khususnya di Kelurahan Batu Meja. Sosialisasi diberikan agar warga tau cara pemanfaatan modal untuk mendirikan usaha. Setelah sosialisasi kami akan memberikan modal bukan berupa uang tapi alat yang diperlukan dalam usaha tersebut. Kami membagikan bantuan bagi usaha seperti pedagang, penjual makanan jadi, perbengkelan dan usaha hidroponik,” ungkap Siti Tuanaya Lurah Batu Meja.

Siti mengakui. sebelum memberikan bantuan sudah dilakukan pendataan terlebih dahulu. Bahkan Siti sendiri yang turun melakukan pendataan. Ia juga menegaskan bahwa setelah pemberian modal, pelaku usaha juga akan tetap dipantau dalam melaksanakan usahanya. Pemodalan ini juga dilakukan setiap tahun sesuai anggaran yang ada. Tahun ini meskipun ada pandemi, anggaran untuk UKM tidak dipangkas.

” Jadi sebelum memberikan modal, saya sudah turun secara langsung untuk mendata dan menilai usaha penerima bantuan. Bantuan ini kami berikan kepada pelaku usaha yang memang sudah macet usahanya. Selepas bantuan diberikan kami juga akan tetap melakukan pemantauan usaha yang dijalankan. Pemodalan ini sudah merupakan kegiatan tahunan yang memang ada anggarannya. Saya sengaja tidak mengalokasikan dana meskipun ada pandemi karena saya mengerti bahwa warga memang membutuhkan bantuan ini,” tutupnya. (MG-1)

Comment