by

Kelurahan Batu Meja Gencarkan “Sapa Berlian”

Ambon, BKA- Gerakan Sabtu Pagi bersih lingkungan (Sapa Berlian) yang dicanangkan oleh WaliKota Ambon, sejak 21 Februari 2020 di Kota Ambon, kini terus dilakukan di iwilayah kerja masing-masing Kelurahan dan Desa, termasuk di Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Siti Tuanaya, Kepala Kelurahan Batu Meja mengatakan, hal ini dilakukan untuk mendorong motifasi masyarakat untuk bersam-sama menjaga kebersihan dan kenyamanan dilingkungan, dimana mereka berada dan sejak pencanangan tersebut dari bulan Februari itu sampai saat pandemi pertama yang ada di Kota Ambon, yakni di bulan Maret, seluruh warga di Kelurahan ini terus melakukan kegiatan tersebut.

“Hal ini juga dilakukan untuk memberikan respon positif kepada ketua-ketua RT yang ada di Kelurahan Batu Meja, karena ditengah pandemi covid 19 kegiatan sapa berlian tetap dilaksanakan dengan tetap mengikuti protap kesehatan yang dianjurkan,” terangnya.

Siti menjelaskan, kegiatan sabtu pagi bersih lingkungan tersebut meliputi, pembersihan sungai, dan mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah oleh pemuda-pemuda.

“Ada pemberaihan sungai atau kali, ada juga kumpulan sampah dari rumah kerumah oleh pemuda-pemuda yang kemudian dipilah, mana organik, dan non organik. selanjutnya kemudian diletakan ditempat pembuangan sampah sementara, hingga diangkut oleh mobil pengangkut sampah dari Dinas lingkungan hidup Kota Ambon,” jelasnya.

Dirinya sangat memberikan apresiasi kepada ketua-ketua RT-nya, karena sangat pro-aktif didalam melakukan kegiatan sapa berlian dengan tetap mengikuti protap kesehatan.

“Saya memberikan apresiasi kepada Ketua-ketua RT, karena mereka sangat pro aktif didalam melakukan kegiatan sapa berlian dengan tetap mengikuti prosedur tetap (Protab) kesehatan. Hal ini selalu saya pantau dan selalu memberi arahan untuk setiap kegiatan harus didokumentasikan dan dikirim ke wa grup sehingga jika ada hal-hal yang kurang berkenan atau melanggar protokol kesehatan, langsung saya himbau untuk tetap mengikuti dan berada di jalur yang memang sudah dihimbau oleh Walikota,” katanya

Siti berharap dengan adanya kegiatan ini, Pandemi Covid-19 bisa semakin menurun sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal. “Dengan tetap menjaga pola hidup bersih, serta tetap menjaga protokol kesehatan ditengah pandemi covid 19 ini, semakin hari kami harapkan pandemi ini semakin menurun dan akhirnya menghilang, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas sehari hari secara normal kembali Amin,” tutupnya (MG-2)

Comment