by

Kelurahan Batu Meja Pastikan Penyaluran Bansos Merata

Ambon, BKA- Lurah Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Siti H Tuanaya, memastikan penyaluran bantuan sosial bagi warga yang terdampak pandemi covid-19 telah merata. Hal ini terbukti, dari 2.200 Kepala Keluarga (KK) yang ada pada kelurahan tersebut, tercatat sudah 1.407 KK yang tercover sebagai penerima bantuan sosial tersebut.

Untuk wilayah Kelurahan Batu Meja, sambungnya, terdiri dari 31 RT dan 7 RW yang didalamnya terdapat 2.200 KK dengan jumlah jiwa 7.180. Terkait dengan itu, adanya pandemi ini terjadi lonjakan masyarakat tidak mampu, baik masyarakat miskin lama maupun masyarakat miskin baru yang terdampak covid-19. Berdasarkan kebijakan Wali Kota dalam hal ini memberikan bantuan jaminan social kepada masyarakat, terlepas dari bantuan Kementerian, berupa BST 178 penerima, PKH 112 penerima, BPNT sebanyak 115 penerima.

“Tapi ada juga yang dikuncurkan oleh Pemerintah Kota yaitu sembako untuk masyarakat tidak mampu. Didalam bantuan sosial dari pemerintah ini, selama penyaluran dari bulan Maret-Juni 2020 sudah empat kali tahapan penyaluran dengan jumlah 902 paket sembako yang disalurkan kepada 902 penerima manfaat. Penyaluran setiap bulannya diusahakan secepatnya disalurkan kepada masyarkat dengan sistem pembagian setiap RT/RW untuk menghindari penumpukan masa. Jadi setiap harinya, setiap RT/RW diperkiraan 50-75 KK yang dibagikan. Tidak menutup kemungkinan sabtu-minggu juga kami lakukan pembagian bantuan.,” katanya.

Tuanaya juga menambahkan, dalam upaya penyaluran bantuan agar dapat diterima bagi seluruh warga yang terdampak, pemerintah melakukan berbagai tahap, yakni terbagi dalam empat klaster penerima manfaat. Untuk klaster pertama, bantuan diberikan kepada seluruh masyarakat yang mempunyai pekerjaan sebagai tukang, klaster kedua bagi para penjual papalele, klaster ketiga dilakukan prekrutan semua pegawai swasta ataupun pekerja toko yang dirumahkan. Setelah tiga klaster ini dilakukan, secara perlahan kurang lebih ada 1.407 jiwa yang terakomodir dalam program penyaluran bantuan ini.

“Masyarakat pada umumnya selalu tidak puas. Sehingga kami upayakan agar tidak ada warga yang terlewatkan. Di Kelurahan Batu Meja dipastikan semua telah tercover.Kalaupun ada itu karena memang kami belum mengusulkan atau ada juga yang terkendala tidak memiliki NIK dan KK.

Tapi kami selalu memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa segala sesuatu itu butuh proses dan tentu melalui prosedur tertentu. Harapannya masyarakat tetap survive dalam menghadapi pandemi yang entah kapan selesai. Selain itu masyarakat diharapkan untuk selalu berfikir positif bagi pemerintah serta adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, untuk bagaimana kita berupaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tentunya tetap mentaati seluruh aturan yang diberlakukan oleh pemerintah agar secepatnya kita bangkit dan menuju ke new normal life,” harapnya. (KJH)

Comment