by

Kelurahan Batu Meja Sediakan Fasilitas Internet Gratis

Bantu Siswa Belajar Online

Ambon, BKA-Di tengah problem kuota internet yang dirasakan oleh sebagian besar orangtua semenjak kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah, salah satu Kelurahan di Kota Ambon, memberikan fasilitasi internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon yang beralamatkan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Ambon.

Fasilitas tersebut dapat diakses secara gratis di Kantor Lurah. Kesulitan internet yang dirasakan pra pelajar akan teratasi dengan ketersediaan fasilitas yang menjadi kebutuhan mereka saat ini.

“Kami sediakan bilik internet gratis bagi pelajar yang belajar daring dari rumah. Kegiatan ini diusung bertujuan untuk membantu pelajar kurang mampu dalam menghadapi belajar daring saat selama pandemi ini.

Fasilitas internet gratis ini dibuka bagi semua pelajar mulai dari tingkat SD sampai Perkuliahan. Hal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kelurahan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Fasilitas ini akan terus diberikan sampai dengan selesai pandemi ini,” kata Kepala Kelurahan Batu Meja, Siti Tuanaya.

Bilik internet gratis yang terletak dilantai dua kantor lurah ini, dimodifikasi dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan yang ada. Meja rapat ini dibuat dengan sekat transparan agar tetap bisa menjaga para pelajar untuk menjaga jarak. Fasilitas yang diberikan oleh kelurahan ini awalnya merupakan program Pemerintah Kota dalam upaya membantu warga terdampak covid-19. Bilik internet gratis ini bisa menampung delapan sampai sepuluh pelajar, kapasitas ini tergantung dari besar badan pelajar sendiri.

” Hari ini kami kelurahan Batu Meja membuka bilik internet gratis bagi masyarakat yang tidak memiliki akses internet di rumah. Hal ini kita buat untuk membantu proses belajar mengajar via daring baik tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai bangku perkuliahan (mahasiswa). Kami tata sedemikian rupa agar tetap sesuai dengan protokoler kesehatan yang masih berlangsung. Pelajar yang datang juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk. Jika pelajar berukuran badan kecil, bisa menampung sampai sepuluh orang. Dan jika pelajar berbadan besar hanya delapan orang. Jadi kita akan terus menyediakan internet gratis ini sampai dengan berakhirnya pandemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Tuanaya juga menambahkan, dirinya bekerja sama dengan RT dalam memilih warga siapa saja yang layak untuk menggunakan fasilitas ini. ” Kami bekerja sama dengan RT yang ada dalam hal meninjau dan memilih siapa saja warga kurang mampu yang memang benar layak untuk menggunakan internet gratis ini. Kami buka bilik ini mulai dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore (WIT). Kebetulan ada penjaga kantor jadi pelajar yang ingin belajar malam masih bisa datang. Bahkan tadi saat jam makan siang kami menyediakan makanan bagi pelajar yang belajar,” ucapnya.

“Kami berharap bahwa fasilitas ini bisa mempermudah masyarakat terutama pelajar agar tetap bisa belajar walaupun ada pandemi. Ini juga menjadi harapan WaliKota bahwa dengan adanya fasilitas ini bisa membantu pelajar kurang mampu. Saya berharap kiranya fasilitas ini bisa mempermudah proses belajar via daring bagi pelajar. Kami tidak ingin adanya pandemi menjadi alasan untuk menghambat proses belajar mengajar para pelajar terutama dlingkungan kelurahan Batu Meja,” harap Tuanaya. (MG-1)

Comment