by

Kelurahan Urimessing Tekan Angka Penyebaran Covid-19

Ambon, BKA- Kelurahan Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, sejauh ini berstatus hijau dalam angka penyebaran covid-19. Sebelumnya pernah ada dua pasien positif covid , namun cepatnya penanganan dari stakeholder terkait membuat kelurahan ini bisa menekan angka penyebaran covid-19.
“Jadi dikelurahan ini awalnya ada dua pasien terkonfirmasi positif covid-19 namun cepatnya penanganan dari pihak puskesmas, RT dan dinas terkait lainnya. Ada yang terkonfirmasi tapi tidak sampai meninggal. Kami juga termasuk dalam kelurahan dengan angka kesembuhan yang cepat dan tinggi. Alasan angka kesembuhan tinggi karena jika ada terkonfirmasi maka kami akan langsung melakukan kordinasi dengan pihak yang terkait untuk segera melakukan penanganan. Dan bagusnya RT setempat sudah matang dalam menangani warga yang terkonfirmasi,” tutur Cheril Tuasun Lurah Urimessing.

Tuasun juga mengakui bahwa dalam menangani pasien positif tidak ada yang dikucilkan oleh warga setempat. Meskipun warganya kebanyakan beraktifitas dipusat keramaian tapi sampai saat ini belum ada data pasien positif covid-19 tebaru diwilayah ini. Ia juga mengakui sungguh bahwa letak wilayah Urimessing yang bertempat daerah metro atau pusat kota bisa menyebabkan ada saja warga yang terindikasi covid. Tuasun tidak pernah berhenti untuk menghimbau kepada warganya untuk tetap mengikuti protokoler kesehatan yang berlaku.

“Kami dikelurahan ini dalam menangani pasien covid sangatlah terbuka, tidak ada yang dikucilkan. Adanya warga yang positif covid disini bisa dimaklumi karena letak kami yang berada dijalur metro atau pusat kota sehingga ramai aktifitasnya. Selain itu sebagian besarwarga saya bekerja dan beraktifitas ditempat yang ramai seperti berjualan dipasar Mardika. Untuk itu saya tidak pernah berhenti untuk menghimbau warga agar tetap menjaga kesehatan dan mengikuti protokol yang berlaku,” tambahnya.

Ia juga mengakui cepat dan bagus kinerja lingkup RT dalam penanganan covid-19. “Saya mengakui bahwa lingkup kerja RT disini sangatlah bagus dalam penanganan covid-19. Tak jarang ada RT yang turun langsung dalam menangani pasien positif. Mulai dari penjemputan untuk dikarantina, memberi fasilitas yang dibutuhkan bahkan sampai ke pembiayaan terkait transportasi yang akan digunakan. Karena kinerja yang bagus inilah sehingga kami bisa kembali ke zona hijau dengan angka kesembuhan yang tinggi,” tutup Tuasun. (MG-1)

Comment