by

Kemenag Akan Buat Juknis Penanganan Jenazah Covid-19

Antisipasi Pengambilan Paksa

Ambon, BKA- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil kemenag) Maluku berencana membuat petunjuk teknis (Juknis) penanganan jenazah Covid-19.

Juknis itu dibuat sebagai bentuk antisipasi agar jangan lagi ada kejadian pegambilan paksa jenazah Covid-19 yang dilakukan oleh pihak keluarga, seperti yang tejadi belum lama ini.

Bukan hanya terjadi di Kota Ambon, pengambilan paksa jenazah Covid-19 oleh pihak keluarga juga masih terus terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Kita akan membuat juknis penanganan jenazah pasien Covid-19, untuk mengantisipasi penolakan dan penarikan (pengambilan paksa, red-) terhadap jenazah pasien Covid-19 di rumah sakit dan pemakaman,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaluddin Bugis, disela-sela apel dan silaturahmi keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemenag Maluku dengan Polda Maluku, Selasa (21/7).

Apel yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Maluku di Kantor Wilayah Kemenag Maluku itu, dipimpin oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Baharudin Djafar.

Selain akan membuat Juknis penangana jenazah pasien Covid-19, lanjut Jamaluddin, Kemenag Maluku juga akan terus mengintensifkan edukasi terkait virus itu kepada masyarakat.

Bukan itu saja, Kanwil Kemenag Maluku juga akan terus memantau pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah. Bahkan akan membuat Juknis pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah.

“Semua itu dilakukan untuk membangun dan memperbiki kehidupan beragama,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, dalam sambutannya, meminta masyarakat agar wasapada terhadap penyebaran informasi yang tidak benar atau hoaks terkait Covid-19.

“Dalam membaca berita dan informasi, kita harus membaca sampai selesai dan dicerna dengan baik. Jangan sampai kita dengan mudahnya membagikan atau share berita yang belum tentu kebenarannya,” imbuhnya.

Untuk itu, Kapolda berharap, kerjasama itu tidak hanya sebatas apel yang dilaksanakan saat itu saja. Diharapkan akan terus ada koordinasi bersama pada berbagai hal.

Sekedar tahu, turut hadir di apel tersebut, sejumlah pejabat utama lingkup Polda Maluku diantaranya yakni, Dir Intelkam Polda Maluku, Dir Pamobvit Polda Maluku, Dir Binmas Polda Maluku, Dansat Brimob Polda Maluku, dan seluruh pejabat kepala bidang, kepala bagian, ASN di jajaran Kanwil Kementerian Agama Maluku. (BKA-1)

Comment