by

Kemenpora Dorong Anak Berlatih Teknik Dasar Sepak Bola

Sepak bola terbilang sebagai salah satu cabang olahraga paling populer di Indonesia. Tercatat ada sekitar 5 ribu sekolah sepak bola di seluruh penjuru negeri.

Namun langkah anak-anak dan remaja berlatih sepak bola terganggu akibat pandemi Covid-19. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berinisiatif mengadakan panduan WAH atau Workout At Home untuk Latihan Teknik Dasar Sepak Bola yang dapat meningkatkan kemampuan dasar jika dilakukan secara konsisten.

Indra Sjafri yang dipercaya melatih Timnas Junior Indonesia mendukung inisiasi Kemenpora tersebut. Menurutnya, latihan bisa dilakukan secara mandiri dengan penerapan latihan yang benar, serta sesuai protokol kesehatan, terlebih untuk remaja.

“Selama ini kita memang latihan selalu di lapangan. Sekarang kita bisa berlatih secara mandiri, di manapun tempatnya, dan dalam hal ini kita akan memberikan panduan berlatih untuk para pemain sepakbola usia 12-16 tahun,” kata Indra.

Ia menjelaskan beberapa latihan teknik dasar sepak bola meliputi passing, dribbling, serta juggling. Gerakan-gerakan latihan dapat disaksikan dalam video berikut.

Menurut Menteri Zainudin Amali, Kemenpora berkewajiban memberi tuntunan kepada para pesepakbola junior tersebut. Baginya, anak-anak dan remaja harus tahu cara latihan yang benar, karena latihan itu yang akan terbawa sebagai kebiasaan sampai dewasa.

“Kan sekarang ini banyak ya, di mana-mana orang asal bisa menendang, asal bisa lari, tetapi dia tidak terarah. Akhirnya apa? Begitu dia mulai meningkat usianya, itu sudah terpola,” ujar Zainudin.

Untuk menghindari kesalahan itu, Kemenpora memberi panduan yang bisa diakses lewat berbagai akun media sosial resmi. Zainudin pun mengingatkan anak atau remaja yang berlatih sepak bola untuk memakai seragam sejak dari rumah, serta tidak bergerombol usai latihan. (INT)

Comment