by

Kementerian Jelaskan soal Foto Bersama Menteri Tak Jaga Jarak

 

Jakarta, BKA- Sejumlah menteri bidang ekonomi melakukan foto bersama tanpa menjaga jarak dan tak bermasker saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) yang digelar Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian di Bali pada 21-22 Agustus 2020.

Foto para menteri itu tersebar di media sosial dan mengundang kritik lantaran dilakukan di era pandemi di mana memakai masker dan menjaga jarak jadi protokol kesehatan.

Dalam foto tersebut, tampak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Kemudian, tampak pula Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan para jajaran Deputi Kemenko Perekonomian, seperti Sekretaris Kemenko Susiwijono serta Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir.

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono membenarkan perihal foto tersebut. Namun ia menegaskan, secara keseluruhan RKTM itu sudah menerapkan protokol kesehatan covid-19. Misalnya para pesertanya menggunakan masker dan duduk berjarak.

Bahkan, sebelum acara dilangsungkan, para peserta yang hadir sudah menjalani tes pemeriksaan kesehatan berupa swab test. Swab test sendiri dilakukan pada 20 Agustus 2020.

“Semua yang hadir sudah dilakukan swab test. Tanggal 20 Agustus keluar hasil swab test, baru boleh berangkat dan ikut rapat di Bali,” kata Susiwijono kepada CNNIndonesia.com, Minggu (23/8).

Menurutnya masker tidak digunakan hanya ketika sesi foto bersama. Sayangnya, ia tidak menjelaskan alasan dibalik foto yang tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak tersebut.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir yang juga ada dalam foto mengatakan masker tidak dipakai hanya dalam foto tersebut.

“Semua pakai masker (selama rapat), bahkan pakai masker N95. Hanya untuk foto saja dilepas sebentar. Kalau tidak pakai masker, langsung diberi masker,” ujar Iskandar.

Sementara itu Menristek/ Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro juga menyatakan tanpa masker dan tanpa jaga jarak hanya ada dalam foto bersama itu. Namun sebelum dan sesudahnya, tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Hanya per pengambilan foto, ada yang lepas masker sebentar, tapi langsung dipakai kembali. Di foto tersebut, saya pegang masker saya di tangan kiri,” jelas Bambang.

Ia juga mengaku tak khawatir pada potensi penularan covid-19 karena semua peserta telah menjalani tes swab dengan hasil negatif atau rapid tes dengan hasil nonreaktif sebelum tiba di Bali.

Seorang pengguna twitter, @septian mengunggah foto bersama menteri bidang ekonomi tersebut. Begitu pula pegguna facebbok, Prof.Yuwono.

CNNIndonesia.com juga sudah menghubungi sejumlah menteri, diantaranya Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang, dan Ida Fauziyah. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada respons dari mereka.
Per hari ini, jumlah positif covid-19 di Indonesia sebanyak 153.535 orang. 107.500 di antaranya sembuh dan 6.680 meninggal dunia.
(INT)

Comment