by

Kenaikan Kelas Tanpa PAS Tidak Efektif

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 3 Rumah Tiga, A. Haumahu, mengatakan, proses kenaikan kelas harus melalui pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS), untuk mendapatkan nilai yang sesuai untuk dituangkan pada raport siswa.

Dalam raport siswa, ada empat kriteria penilaian yang dimasukkan, yakni, nilai tugas harian, ulangan harian, nilai tengah semester, dan akhir semester.

“Tiga kriteria sudah ada, tinggal akhir semester saja. Karena itu, harus dilakukan PAS, agar nilai efektif diraport siswa. Tidak bisa asal-asalan saja tentukan nilai akhir semester,” ungkap Haumahu, Selasa (12/5).

Sebab menurut dia, penilaian berupa portofolio tidak bisa dijadikan sebagai nilai akhir semester. Mengingat, sudah dimasukan sebagai tugas harian maupun ulangan harian. Sehingga PAS perlu dilakukan, untuk memenuhi kriteria penilaian akhir semester tersebut.

“Karena nilai-nilai itu nantinya kita akan masukan dalam aplikasi, untuk dijadikan sebagai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan dalam penentuan kenaikan kelas mendatang. Sehingga kalau tidak lakukan PAS, maka sulit. Tidak bisa kita spekulasi nilai. Sebab, menurut saya, tidak lagi efektif karena tidak objektif,” ujarnya.

Untuk itu, kata Haumahu, pihaknya tengah melaksanakan PAS. Tapi tetap mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Permendikbud), serta protokler kesehatan.

“Jadi Pas yang sementara dilakukan ini, sesuai dengan peraturan yang ada. Supaya dalam penilaian nanti, bisa efektif. Sebagaimana yang sudah tertera dalam raport kenaikan kelas,” ulasnya.

Lanjut dia, meskipun anak-anak belajar di rumah akibat pandemi Covid-19, kualitas mereka harus tetap terukur. Karena itu, proses evaluasi hasil belajar terus berjalan secara baik, sesuai dengan tahapannya.

“Semuanya bisa diatur dengan baik. Asalkan, kita bisa memberikan pengertian yang baik kepada orangtua dan siswa. Supaya proses evaluasi terhadap anak-anak ini bisa tetap berjalan,” pungkas Haumahu. (LAM)

Comment