by

KEPEMILIKAN LAHAN JADI KENDALA PENGEMBANGAN DESA

Ambon, BKA- MASALAH kepemilikan tanah menjadi kendala bagi Pemerintah Negeri Urmesing, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dalam upaya pengembangan potensi-potensi di desa tersebut.

“Kejelasan status dan kepemilikan lahan masyarakat di Urimessing ini, menjadi salah satu kendala bagi Pemerintah Desa untuk mengembangan sektor-sektor tertentu yang berpotensi,” ungkap Pejabat Negeri Urmesing, Cornelius Wattimena.

Pasalnya, lanjut Wattimena, saat ini kepemilikan lahan di desa masih kurang jelas, karena ada yang mengklaim bahwa milik pribadi atau ada juga yang dikatakan sudah diberikan oleh raja sebelumnya.

“Sekarang ini kita masih bermasalah dengan lahan, karena masyarakat selalu mengklaim tanah negeri merupakan milik pribadi yang di berikan oleh raja sebelumnya,” ujarnya.
Untuk itu, katanya, sementara ini juga negeri sedang menunggu raja defenitifnya supaya bisa menentukan mana hak negeri yang bisa dikembangkan. Salah staunya potensi pariwisata, yakni wisata alam yang memang masih harus diperbaiki seperti penataan lokasi dan sarana penunjang.
“Kemarin sebenarnya kita mau angkat bagian pariwisata. ada beberpa lokasi yang bisa dikembangkan. Hanya itu, masalahnya soal kepemilikan lahan, padahal sudah dianggarkan. Karena ada permasalahan tersebut, terpaksa anggarannya kami laihkan untuk kegiatan lain,” katanya.
(KJH)

Comment