by

Kesadaran Masyarakat Cegah COVID-19 Semakin Tinggi

Ambon, BKA- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Dony Loyra, mengatakan, kesadaran masyarakat mencegah Covid-19 di kabupaten bertajuk Kalwedo, semakin tinggi.

Pasalnya, meskipun virus mematikan ini belum masuk sampai ke MBD, namun masyarakat terus melakukan pencegahan dengan memberlakukan pola hidup sehat.

“Memang Covid-19 ini bikin kita mulai belajar hidup sehat. Rajin cuci tangan, pakai masker, serta jaga jarak. Inilah yang di sadari oleh banyak masyarakat MBD saat ini. Dimana-mana, semua pakai masker, jaga jarak dalam melakukan aktivitas,” ungkap Loyra, Sabtu (9/5).

Menurutnya, upaya pencegahan yang di lakukan oleh masyarakat tersebut merupakan bentuk tanggung jawab bersama, dalam menjaga dan mengantisipasi virus corona menyebar di kabupaten MBD.

“Karena itu, selain sosialisasi yang terus dilakukan, penyemprotan disinfektan di sejumlah titik Kota Tiakur juga terus dilakukan. Bahkan pembentukan relawan Gugus Tugas (Gustu) kecamatan dan relawan tingkat desa, sudah dibentuk. Puji Tuhan, mereka sangat berperan aktif, sehingga MBD masih bebas sampai hari ini. Bukan karena Gustu saja, tetapi semua pihak, termasuk dukungan masyarakat MBD,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata Loyra, pihaknya terus melakukan upaya persiapan, untuk melakukan berbagai langkah antisipasi, jangan sampai MBD kebobolan Covid-19.

“Dari kesiapan, kita tidak bisa pungkiri, kalau ada keterbatasan. Dalam hal ini, fasilitas kesehatan yang minim. Belum lagi, kita ini daerah pulau-pulau. Tapi dengan kondisi yang ada, kalau akhirnya datang, mau tidak mau, untuk kondisi terpuruk pun kita hadapi saja,’’ katanya.

Untuk itu, pihaknya terus berharap agar pencegahan terus dilakukan oleh semua pihak, guna menjaga kabupaten berusia 11 tahun ini tetap bebas dari penularan Covid-19 ini.

“Ini kerja semua pihak, karena libatkan semua orang. Karena itu, dengan kerja sama dan kesadaran masyarakat yang tinggi, kita hanya berharap, penyakit ini tidak masuk di MBD,” pungkas Loyra. (LAM)

Comment