by

Ketua TP PKK Resmikan Rumah Data Kampung KB

Ambon, BKA- Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten MBD, Relly A. Noach, meresmikan Rumah Data Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Batumiau, Kecamatan Pulau Letty, Kamis (23/7).

Peresmian Rumah Data Kampung KB tersebut, dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Batumiau Nomor: 470/01/DS.B/I/2019.

Dalam sambutnya, Ketua TP PKK Kabupaten MBD, menyampaikan, untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, sangat diperlukan sinergitas program pembangunan keluarga, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder yang ada.

Menurutnya, pendirian kampung KB diharapkan dapat menjadi prototipe atau contoh pembinaan keluarga mandiri, yang teringrasi melalui upaya-upaya peningkatan SDM, seperti, pembinaan pada kader-kader pokja posyandu maupun kader pokja kampung KB.

Untuk itu, Relly A. Noach berharap, pembinaan juga lebih fokus pada kaum perempuan. Dalam artian, ibu-ibu yang memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkualitas.

“Itu yang diharapkan, bahwa program-program pembinaan keluarga bisa berfokus pada upaya kita mengatasi masalah stunting yang saat ini menjadi prioritas nasional. Peningkatan pemahaman masyarakat dalam pentingnya 1000 hari kehidupan pertama perlu terus dioptimalkan, agar peningkatan asupan gizi, remaja produktif, ibu hamil dan balita, terus menjadi fokus pembinaan,” ujar Noach.

Untuk mengefektifkan program pembinaan keluarga secara terencana dan terpadu, menurutnya, keberadaan rumah data menjadi sangat penting, agar program yang dilaksanakan dapat tepat sasaran.

“Jadi, dengan rumah data yang diresmikan ini, dapat menjadi sumber untuk merancang kegiatan pembinaan keluarga yang tapat sasaran, guna meningkatkan kehidupan masyarakat Desa Batumiau,” terangnya.

Memang, lanjut Relly A. Noach, saat ini Kabupaten MBD berada pada masa adaptasi dengan tatanan hidup baru atau new normal life. Artinya, di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat dapat beraktivitas secara normal, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan didalam setiap aktivitas, seperti, jaga jarak fisik, menggunakan masker jika berada di luar rumah, membudayakan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi untuk menumbuhkan imun tubuh, dan selalu mencuci tangan.

“Itu semua dilakukan agar keluarga yang dicintai terhindar dari resiko penyakit Covid-19,” kayanya.

Untuk itu, istri Bupati MBD Thomas Benyamin Noach itu mengucapkan, selamat atas diresmikannya rumah data kampung KB Desa Batumiau.

“Semoga lewat program ini, keluarga kita selalu sehat, keluarga kita sejahtera. Sebab hanya dengan itu, akan membuat keluarga kita bahagia. Keluarga bahagia itu bila direncanakan dengan baik,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Bidang Administrasi Umum, J. Titirloloby, dan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB, Eduard J.S. Davidz, Kadis Perhubungan, Kadis Perikanan, Kadis Ketahanan Pangan, Plt. Kadis Kesehatan, Plt. Kadis Pendidikan, Sekdis Kominfo, Sekretaris BKAD, Kabag. Protokoler Kabupaten MBD dan Angotta TP PKK Kabupaten MBD.

Hadir pula, Camat Pulau Letti, Kapolsek Letti, Kepala Desa se-Pulau Letti, BPD se-Pulau Letti, Para Guru, Kepala Puskesmas Serwaru beserta Staf, Ketua TP.PKK Kec. Letti beserta anggota serta undangan lainnya. (LAM)

Comment