by

Koeman Minta Coutinho Bertahan Usai Barcelona Dihajar Munchen

Pelatih Ronald Koeman mengontak Philippe Coutinho sehari setelah Barcelona dibantai Bayern Munchen 2-8 di Liga Champions. Koeman meminta Coutinho bertahan di Camp Nou pada musim ini.

Nasib Philippe Coutinho di Barcelona sudah diketahui jauh sebelum Koeman resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Blaugrana.

Kepastian masa depan Coutinho bertahan di Barcelona itu diungkap oleh agennya Kia Joorabchian. Dikatakan, Koeman bergerak cepat untuk menghubungi Coutinho dan mengatakan pemain Brasil itu masuk dalam rencananya sekalipun belum resmi menukangi Barcelona.

Koeman menggantikan Quique Setien usai kekalahan memalukan dari Bayern Munchen. Manajemen Barcelona kemudian menunjuk Koeman dan mempublikasikannya beberapa hari setelahnya.

Sebelumnya manajemen menyatakan bakal menolak proposal pinjaman bagi Coutinho. Hal itu lantaran Koeman menyatakan Coutinho masuk dalam rencana permainan Barca untuk musim 2020/2021.

Juru latih asal Belanda itu berencana menempatkan Coutinho sebagai gelandang tengah, tak lagi mengeksploitasi sebagai pemain sayap yang beroperasi melebar seperti yang pernah dilakukan Ernesto Valverde.

Coutinho dibeli mahal Barcelona dari Liverpool pada Januari 2018. Coutinho didatangkan Barcelona selepas kepergian Neymar ke PSG.

Coutinho kemudian sempat bermain di bawah Ernesto Valverde selama satu setengah musim sebelum akhirnya dipinjamkan ke Bayern Munchen. Coutinho dianggap tidak cocok dengan taktik Valverde.
Semusim di Munchen, Coutinho justru sukses. Dia berhasil meraih trebel dengan memenangkan Liga Jerman, DFB-Pokal, dan Liga Champions. (INT)

Comment