by

Komisi III Minta PUPR Pantau Infrastruktur

Ambon, BKA- Komisi III DPRD Provinsi Maluku terus mengingatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memantau infrastruktur jalan dan jembatan, mengingat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini.

Pasalnya curah hujan yang cukup deras yang terjadi dibeberapa wilayah di Maluku, sempat membuat sejumlah ruas jalan dan jembatan mengalami rusak berat.

“Kemarin itu ada terjadi hujan lebat di Negeri Ureng dan Asilulu, Kecamatan Leihitu Barat Maluku Tengah (Malteng), sehingga mengakibatkan salah satu jembatan diruas jalan mengalami kerusakan parah. Akibatnya akses jalan dari kedua negeri mengalami lumpuh total,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Maluku, Anos Yermias, Rabu(14/7).

Namun lewat komunikasi dan koordinasi antara Komisi III dengan mitra kerja, baik itu Dinas PUPR Provinsi Maluku dan Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan, sudah dilakukan langkah-langkah strategis, dengan membuat jembatan tanggap darurat. Sehingga akses jalan sudah bisa digunakan masyarakat.

Bahkan hingga hari ini, katanya, pihak dinas terkait selalu tanggap dengan berbagai langkah antisipasi disemua wilayah yang dilanda cuaca ekstrim.

Tanggap dalam hal, terang Yermias, tetap memantau semua ruas jalan dan jembatan, dimusim penghujan saat ini.

Rusak infrastruktur jalan dan jembatan akibat cuaca ekstrim, ungkapnya, bukan hanya terjadi pada jembatan yang menghubungkan Negeri Ureng dan Asilulu itu.

“ada juga sebagian ruas jalan dibeberapa wilayah di Maluku yang mengalami kerusakan. Sebagian besar terjadi Pulau Seram, namun sudah dilakukan antisipasi oleh pihak BPJN Maluku, dengan menurunkan tim percepat tanggap darurat,” pungkanya.(RHM)

Comment