by

Komite Australia Batalkan Ambon Yacht Race

Ambon, BKA- Akibat pandemi covid 19 di Kota Ambon, pelaksanaan ivent Ambon Yacht Race tidak dapat dilaksanakan. Sebab, untuk negara Australia sendiri hingga saat ini masih dilakukan lockdown, dan kota Ambon masih terjadi penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Rico Hayat mengatakan, dengan adanya pandemi covid 19, Ambon Yacht Race dibatalkan oleh Komite Australia.

Ambon Yacht Race sendiri merupakan ivent tahunan dari Pemerintah Kota Ambon yang bekerjasama dengan Pemerintah Australia. Namun akibat pandemi Covid 19, event tersebut terpaksa dibatalkan.

Pembatalan tersebut juga dikarenakan partisipan yang berasal dari Australia tidak berlayar untuk tahun ini dan telah diumumkan. Sementara kondisi negara Kangguru ini dalam posisi lockdown, sehingga ivent ini tidak dapat dilaksanakan.

“Acara Darwin Ambon tahun ini dengan terjadinya Covid 19, itu dari pihak komite Australia telah membatalkan. Karena di Australia saat ini juga Kondisinya masih Lockdown, tidak bisa dan belum tentu sampai kapan,” terang Rico, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (17/7).

Disebutkan, dengan kondisi negara Australia yang masih lockdown, pihaknya sendiri belum mendapatkan informasi kapan dapat dibuka. Sehingga alasan pembatasan ivent ini dianggap tepat.

“Jadi kemarin itu dari komite Darwin sudah menginfokan bahwa partisipan mereka tidak jalan untuk tahun ini. Jadi kita berdoa saja semoga tahun depan baru dimulai lagi. Tapi untuk tahun 2020 itu tidak jalan karena situasi Australia itu Lockdown, dan itu belum tentu kapan bisa dibuka,” ucapnya.

Rico mengungkapkan, dengan dibatalkannya ivent ini, akan berdampak kepada masyarakat yang sebelumnya menyediakan kuliner di kawasan Amahusu sebagai tempat persinggahan kapal-kapal yang berlayar dari Darwin ke Ambon.

Termasuk toko-toko souvenir yang ada di Ambon maupun hotel-hotel, karena tidak ada wisatawan yang datang seperti tahun-tahun sebelumnya.
Meski demikian, lanjut dia, seluruh masyarakat terkena dampak dengan adanya pandemi covid 19 di Kota Ambon. Sehingga pihaknya tidak mampu berbuat banyak, termasuk para pelaku usaha maupun pihak perhotelan ketika kota ini tidak ada ivent seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga pandemi covid 19 dapat segera berakhir, sehingga ivent-ivent yang tertunda dapat terlaksana lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehingga memberikan dampak bagi masyarakat maupun perekonomian yang ada di Kota Ambon,” harap Rico. (DHT)

Comment