by

Kompetensi Guru Harus Ditingkatkan

Ambon, BKA- Direktur Pelatihan Kompetensi Guru, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Maluku, Halfi Hasan mengatakan, kompetensi para guru harus terus ditingkatkan, sebagai bentuk kesiapan menjalankan pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kompetensi yang dimaksudkan Halfi, yakni peningkatan penggunaan dan penguasaan berbagai media pembelajaran, agar PJJ dapat berjalan efektif.

PJJ yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19 ini, menurutnya, sangat membutuhkan kesiapan dari segi pemanfaatan media teknologi sebagai media pembelajaran, baik yang dilakukan secara online maupun offline.

“Itu penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, kompetensi guru, dalam ini penguasaan media pembelajaran harus ditingkatkan lagi,” ujar Halfi, Rabu (8/7).

Peningkatkan kompetensi diri, katanya, bukan semata-mata karena kepentingan PJJ saja. Tapi karena ingin mengembangkan diri, untuk menjemput perkembangan teknologi. Itu alasannya.

Sebab, menurutnya, pengembangan kompetensi itu sudah menjadi keharusan dalam diri seorang guru. “Situasi dan kondisi saat ini, yang menuntut agar kompetensi guru ditingkatkan. Sebab, ada banyak guru yang tidak siap hadapi situasi ini. Masih ada yang butuh pertimbangan dulu. Misalnya, karena tidak ada sarana dan prasarana yang mendukung di rumah siswa, jadi pelajarannya belum bisa dijalankan dengan baik. Ini yang harus dirubah. Ada dan tidaknya, guru harus mangikuti perkembangan,” paparnya.

Untuk itu, Halfi mengingatkan, teknologi terus mengalami perkembangan. Dengan demikian, jika guru tidak meningkatkan kompetensinya, tentu pola pembelajaran tidak kreatif dan inovatif. Padahal, PJJ yang dilakukan sangat membutuhkan pola pembelajaran yang inovatif, supaya siswa tidak merasa jenuh dalam belajar.

“Teknologi dalam satu detik saja bisa berubah. Jadi intinya, kompetensi guru harus disiapkan. Disamping kita menyiapkan fasilitas pendukung,” pungkas Halfi. (LAM).

Comment