by

Komunitas Astaga Gencarkan Operasi Bersih Aliran Sungai

Ambon, BKA- Untuk mendukung kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran air, Komunitas ASTAGA bersama RT 001/ RW 01 Skip, Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, rutin melakukan kegiatan bersih lingkungan khususnya aliran sungai, dalam rangka mewujudkan aliran sungai bersih dari sampah dan mencegah terjadinya bencana akibat tersumbatnya aliran air.

“Kegiatan bersih lingkungan ini dilakukan sesuai dengan deklarasi Plh. Lurah Batu Meja, yakni SAPABERLIAN (Sabtu Pagi Bersih Lingkungan) bersama tokoh agama jemaat Ebenheazer Skip bersama warga setempat,” kata Ketua RT 001/01 Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Remsy Nuniary, kemarin.

Diakuinya, selama ini kebiasaan masyarakat yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah yang instan, sangat berdampak buruk bagi lingkungan.

“Deklarasi dari lurah ini, menjadi penting untuk ditindaklanjuti, agar dapat mengatasi masalah sampah diwilayah pemukiman warga, khususnya daerah aliran sungai (DAS),” tegasnya.

Ditambahkan, bersama dengan komunitas pemuda ASTAGA yang peduli akan kebersihan lingkungan setempat, secara rutin melakukan pemungutan sampah baik pada aliran sungai, maupun sampah-sampah rumah tangga agar tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah yang instan.

“Aksi ini sebagai bentuk kepedulian baik dari RT, Komunitas maupun warga dalam menjaga kebersihan aliran sungai. Jika aliran sungai bersih maka dapat mencegah terjadinya bencana luapan air sungai akibat tersumbat oleh sampah. Terlebih saat ini sudah masuk musim penghujan,” tuturnya.

Nuniary juga berharap, melalui aksi ini juga dapat memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai.

“Selain memberikan edukasi bagi warga, kedepannya pemerintah juga diharapkan lebih jeli dalam menetapkan titik-titik prioritas penanganan sampah khususnya di daerah aliran sungai,” harapnya. (KJH)

Comment