by

Kreatif, Desa Hative Kecil Produksi Pangan Olahan Ikan

Ambon, BKA- Kreativitas warga Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon patut diacungi jempol. Warga setempat bisa mengolah ragam pangan dari bahan ikan, yakni abon ikan, bakso ikan dan ikan asar (ikan asap).

Ketua RT 001/RW 01 Desa Hative Kecil, Anthony Josias Keppy menyampaikan, pemerintah Desa Hative Kecil mempunyai satu program unggulan dari Desa yang bekerjasama dengan RT setempat untuk mengolah ikan menjadi berbagai jenis olahan pangan.

“Program unggulan berkaitan dengan kelompok-kelompok usaha jadi tidak terfokus pada 1 RT saja ada beberapa RT yg memiliki peranan kelompok usaha,” ucapnya

Dirinya juga mengatakan, terkait dengan kelompok usaha ada beberapa RT yang ditujukan untuk menjadi kelompok pengolahan dan langsung dengan kelompok penjualan. Untuk RT 001, tidak tergabung dalam proses pengolahan dan kelompok penjualan,yang ada hanya penjualan-penjualan per orangan.

“Untuk pengolahan dan penjualan yang diprogramkan per kelompok, RT kami tidak termaksud di dalamnya. Namun kami mempunyai penjualan-penjualan pribadi yang nantinya menjual hasil olahan tersebut kepada Konsumen,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, untuk saat ini proses pengolahan ikan sementara belum ada, karena adanya kendala cuaca yang tidak menentu. “Dikarenakan saat ini adalah musim timur, jadi sangat sulit untuk mendapatkan Ikan. Tapi tetap ada produksi olahan pangan lainnya yang masih bisa dijual masyarakat di kawasan ini,” terangnya. (MG-2)

Comment