by

Kreatifitas Siswa Meningkat

Ambon, BKA- Kondisi pendidikan saat ini bisa dikatakan berantakan. Proses belajar mengajar tidak berjalan maksimal.

Dimasa pandemi Covid-19, proses belajar mengajar di Kota Ambon dilakukan dari jarak jauh. Namun ditengah keterpurukan itu, ada hal positif yang dialami oleh siswa.

Kreativitas siswa dalam memahami pelajaran maupun penggunaan aplikasi teknologi digital semakin baik. Perlahan siswa mulai beradaptasi dengan kondisi pendidikan saat ini.

Wakil Kepala SD Negeri 4 Ambon, Wem Maoke, mengatakan, memang ada dampak positif dan negatif pada pelaskanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini. Tapi lebih banyak negatif dibanding positif.

Walau begitu, pihak sekolah, terutama guru akan selalu siap untuk melalui masa itu. “Kondisi pendidikan di saat ini memang lagi berantakan. Karena itu proses belajar tidak maksimal. Dengan kondisi ini, kita mau capai preatasi apa dari anak. Berbicara nilai mutuh dari anak, memang tidak bisa. Tapi ada satu nilai tambah yang saya lihat, yakni, kreativitas anak selama PJJ ini justru muncul. Misalnya, awalnya anak yang tadinya di dalam kelas dia diam dan pemalu. Tapi ketika PJJ, dan diberikan tugas oleh guru di rumah untuk di presentasikan lewat video, justru itu sangat luar biasa. Jadi penggunaan media ini juga dia punya satu nilai lebih, yaitu, kreatif anak dengan sendirinya muncul. Menjadi berani dan kreatif bagi saya, itu nilai positif dari PJJ,” ungkap Maoke, Jumat (4/9).

Dengan berbagai dinamika yang terjadi saat ini, katanya, tidak mungkin sebagai Satuan Pendidikan (SP) pihaknya hanya mau untuk menerima dampak positif, kemudian abaikan dampak negatifnya. Karena justru dengan dampak negatif itu, dapat memberikan ruang untuk adanya evaluasi perbaikan kedepan.

“Jadi bukannya saja kita terima yang baik, tapi yang tidak baik juga harus kita terima sebagai bahan evaluasi. Sebab saat ini, pemerintah juga sementara kesulitan untuk mencari jalan keluar dari setiap persoalan yang terjadi selama PJJ ini,” bebernya.

Dengan kondisi saat ini, dia berharap, pandemi Covid-19 cepat berlalu, agar anak-anak dapat kembali mengikuti proses belajar dengan baik.(LAM)

 

Comment