by

Kreativitas Warga Jadikan Kampung Alor Contoh Penerapan Prokes

Ambon, BKA- Kesadaran warganya terhadap bahaya penularan Covid-19, membuat RT 03/RW 01 Kampung Alor, Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, dijadikan sebagai contoh kampung protokol kesehatan oleh Dinas Infokom Provinsi Maluku.

Bukan karena ketakutan mereka terhadap Covid-19, tapi ketaatan warganya dalam menerapkan protokol kesehatan yang patut dicontoh. Ketaatan itu bukan atas dorongan pemerintah, namun tercipta dari kesadaran sendiri.

Bahkan warga Kampung Alor turut membantu perangkat Negeri Hative Kecil dalam menerapkan protokol kesehatan. “Ini semua usulan dari warga, mulai dari pembuatan portal, penyediaan air cuci tangan, kemudian kewajiban pakai masker, sampai pada mendata setiap tamu yang datang ke lingkungan kampung Alor. Tujuannya untuk mencegah adanya penularan Covid-19 dari luar,” terang Ketua RT 03 Kampung Alor, Simon Pattiapon, Selasa (12/1).

Yang unik dari upaya warga dalam penerapan protokol kesehatan di Kampung Alor, hampir seluruh peralatan penerapan protokol kesehatan dibuat menggunakan barang bekas, seperti, pipa bekas, besi bekas, dan pedal bekas mesin jahit, dan sebagainya.

“Besi bekas kita beli dari besi tua, setelah itu di las oleh warga yang punya kelebihan dibidang itu. Kemudian juga ada warga yang punya sisa-sisa cat rumah, kita juga gunakan itu untuk mengecat portal. Kita juga gunakan pipa bekas untuk membuat tiang gapura Siloam. Untuk tempat cuci tangan itu kita beli, tapi kemudian kita buat ulang dengan menggunakan pedal bekas mesin jahit untuk bisa menggerakan air keluar. Warga tidak ingin gunakan wastafel, karena percuma juga kita cuci tangan, tapi abis itu kita balik sentuh lagi wastafelnya, karena pasti banyak orang yang sudah menyentuhnya,” kata Simon.

Karena kreativitas itu, Kampung Alor dijadikan contoh kampung protab oleh Dinas Infokom Provinsi Maluku. “Kita pernah didatangi oleh Dinas Infokom Provinsi, untuk diambil contoh dan dimasukan ke youtube sebagai contoh kampung protokol kesehatan,” ucap Simon.

Untuk itu, dia menghimbau, agar warganya selalu mempunyai kesadaran dalam diri, betapa pentingnya pola hidup sehat dan selalu ikuti protokol kesehatan agar terhindari dari Covid-19.

“Pencegahan Covid ini kita jangan harap dari atas kebawa, tapi dari bawa keatas. Covid ini saya pahami, bahwa itu dari diri kita untuk mencegahnya, karena virus ini mencegah pribadi masing-masing, bukan pemerintah saja. Karena itu saya himbau kepada warga saya untuk selalu lakukan pola hidup bersih dan selalu ikuti protokol kesehatan,” tutupnya. (BKA-2)

Comment