by

Kunjungi Satgas BKO Di Maluku

Wakasad: Yang Ingin Jadi Organik Akan Diberi Kesejahteraan

Ambon, BKA- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI, Moch Fachrudin, mengunjungi ratusan Satgas Bantuan Kendali Operasi (BKO) Kodim persiapan Kodam XVI/Pattimura TA. 2020, di Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Patimura yang berada dikawasan Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Selasa (14/7).

Personil Satgas BKO sebanyak 452 anggota, yang terdiri dari 68 putra daerah dan 384 anggota yang berasal dari luar Maluku. Mereka datang dari berbagai komando utama di jajaran TNI-AD, yang akan ditempatkan pada 11 Kodim yang dibentuk diwilayah Kodam XVI/Pattimura.

Dari 11 Kodim tersebut, 6 Kodim diantaranya merupakan Kodim persiapan di Provinsi Maluku atau wilayah Korem 151/Binaiya, serta 5 Kodim Persiapan di Provinsi Maluku Utara atau wilayah Korem 152/Babullah.

Pada kesempatan kunjungan itu, Wakasad menyampaikan apresiasinya kepada seluruh personil satgas BKO, karena telah bersedia untuk ditempatkan di Kodim-Kodim baru yang ada di wilayah Kodam XVI/Pattimura.

“Berdasarkan petunjuk Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, bahwa personil satgas BKO yang berkeinginan menjadi organik diberikan kesejahteraan akan dinaikan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi bagi personil berpangkat Bintara/Tamtama, dan bagi Perwira maka akan diberikan kesempatan pendidikan lebih dahulu,” papar Wakasad.

Selain itu, Ia berharap, nantinya seluruh personil satgas BKO di satuan baru dapat menjadi aparat teritorial yang cakap, dengan berpedoman kepada lima kemampuan teritorial, seperti, sinergitas bersama pihak kepolisian maupun masyarakat.

“Peran kalian sangat penting, khususnya membantu Angkatan Darat dalam membangun daerah,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, mengucapkan terima kasih kepada Wakasad beserta rombongan, karena telah meluangkan waktu ditengah kesibukan untuk datang dan memberikan pembekalan langsung kepada personil Satgas BKO.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, personil Satgas BKO sebelumnya telah menerima berbagai ilmu dan materi, baik berupa pengetahuan bidang teritorial, intelejen, hukum dan lain-lain.

“Ditambah juga pembekalan oleh Ketua DRPD Provinsi Maluku, Kepala Kesbangpol Provinsi Maluku dan Kapolda Maluku. Hal tersebut dirasa sudah sangat pas mengantar para personil satgas BKO dalam penugasannya kelak,” bebernya.

Pangdam menilai, pembekalan yang diberikan Wakasad sangat bermanfaat bagi para personil Satgas BKO Kodim Persiapan Kodam XVI/Pattimura, terutama menumbuhkan sepirit moril dan tekad mereka.

Sebelum melakukan tatap muka dengan personil Satgas BKO, Wakasad beserta rombongan terlebih dahulu melakukan penanaman pohon Pala secara simbolik di lokasi Rindam XVI/Pattimura.

Sekedar tahu, turut mendampingi Wakasad pada kunjungan, yakni, Waasintel Kasad Bid Binintel, Waasops Kasad Bid Siapops, Waalat Kasad Bid Lat, Waapers Kasad Bid Binpers, Waaslog Kasad Bid Bekpalkes, Waaster Kasad Bid Ren dan Puanter.

Kunjungan tersebut ditutup dengan pemberian cinderamata yang diserahkan langsung Danrindam XVI/Pattimura, Kolonel Inf R. Dwi Tjahjo Harsono dan disaksikan oleh Pangdam XVI/Pattimura beserta PJU Kodam XVI/Pattimura.

Sesuai info yang didapatkan koran ini, hari ini (Rabu, 15/7), Wakasad beserta rombongan akan melaksanakan olah raga bersama seluruh personil Kodam XVI/Pattimura, baik prajurit maupun PNS lingkungan Kodam XVI/Pattimura.(BKA-1)

Comment