by

Latuconsina Resmi Gantikan RR Lewat Paripurna PAW

Ambon, BKA- Konflik internal antara Richard Rahakbauw (RR) dan Rasyad Effendi Latuconsina dalam perebutan kursi pimpinan DPRD Maluku, berakhir dalam rapat paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW).

Paripurna PAW itu resmi menyetujui
Rasyad Effendi Latuconsina sebagai Pimpinan DPRD Maluku, masa jabatan 2019-2024 menggantikan Richard Rahakbauw, sesuai Surat Keputusan (SK) DPP dan DPD Partai Golkar.

Rapat dipimpin langsung oleh Richard Rahakbauw sebagai Wakil Ketua DPRD Maluku saat itu. Serta didampingi Wakil Ketua DPRD Melkianus Sairdekut dan Wakil Ketua Asis Sangkala dan turut dihadiri sejumlah anggota DPRD Maluku, di ruang istimewa DPRD Maluku, Karpan, Ambon, Jumat (8/5).

Penetapan persetujuan PAW itu, selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk ditindaklanjuti.

Sebelumnya, RR dalam rapat menegaskan, lewat pengusulan dari Partai Golkar dan setelah ditetapkan dalam rapat paripurna, maka demikian tidak ada persoalan lagi dengan jabatan Wakil Ketua DPRD Maluku milik Partai Golkar.

Bahkan RR pun legowo untuk menerima semua keputusan, termasuk dalam rapat paripurna yang dipimpinya itu.

Hal tersebut diperlihatkan RR saat menyetujui penetapan Latuconsina, lolos proses sesuai dengan keputusan partai dan tidak ada masalah antara keduanya.

Usai paripurna, Latuconsina mengatakan, sebelumnya sempat terjadi ketegangan terkait jabatan pimpinan DPRD tersebut. Namun dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD pada Rabu (6/5) kemarin, sikap RR secara spontan dan legowo menerima proses PAW Pimpinan DPRD dari Partai Golkar.

“Jadi jangan ada kesan, bahwa di Golkar itu ada terjadi perpecahan, itu sama sekali tidak ada. Saya juga mau mengerti dan memberikan kesempatan untuk RR proses hukum lewat Mahkamah Partai Golkar. Dan di sana ditetapkan sesuai keputusan Ketua Umum Partai Golkar,” terang Latuconsina.

Bahkan prosesnya, tambah dia, berlangsung kurang lebih tujuh bulan dan akhirnya baru dilaksanakan rapat paripurna PAW. “Dan itu juga diterima dengan legowo oleh RR,” tutup Latuconsina. (RHM)

Comment