by

Lima Pasien Covid-19 Sembuh

Ambon, BKA- Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Maluku, Kasrul Selang, mengungkapkan, jumlah pasien sembuh Covid-19 bertambah lima orang.

Sebelumnya diberitakan, kalau pasien positif Covid-19 di Maluku seluruhnya berjumlah 32 orang. 12 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Dengan adanya lima orang pasien lagi yang dinyatakan sembuh, maka pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 17 orang.

Sedangkan dua pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan meninggal dunia. Sehingga tersisa 13 pasien positif yang saat ini masih dalam roses perawatan oleh Tim Medis Gustu Covid-19 Provinsi Maluku.

Lima pasien positif Covid-19 yang baru saja dinyatakan sembuh, yakni, pasien kasus 15 asal Kota Ambon, pasien kasus 16 asal Kabupaten Buru Selatan (Bursel), pasien kasus 17 asal Kabupaten Buru, pasien kasus 19 yang merupakan salah satu Anak Buah Kapal (ABK) KM Dobonsolo, dan yang terkahir adalah pasien kasus 21 asal Kota Ambon.

Kelimanya dinyatakan sembuh setelah hasil uji swab lendir mereka melalui metode pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Balitbangkes Jakarta, keluar dan hasilnya negatif sebanyak dua kali.

Sebenarnya ada delapan pasien positif Covid-19 yang telah keluar. Namun tiga pasien lainnya masih dalam kategori positif. “Hasil spesimen delapan orang yang positif corona telah keluar. Dari delapan pasien tersebut, lima dinyatakan sembuh dan tiga orang lagi hasilnya masih positif corona,” jelas Kasrul, dalam rilis singkatnya yang didapat BeritaKota Ambon, Minggu (10/5).

Untuk tiga pasien yang hasil spesimen masih dinyatakan positif, masih akan mendapat perawatan dan pemeriksaan lanjut.

Bukan itu saja, lanjutnya, ada delapan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang hasil swab-nya juga dusah diketahui. Hasilnya, semuanya dinyatakan negatif.

“Dari empat puluhan swab pasien yang dikirim, enam belas sudah ada hasil. Dan itu terdiri dari delapan pasien yang positif, yakni, lima diantaranya dinyatakan sembuh, dan tiga pasien positif lainnya hasilnya masih positif. Selain itu, ada dari PDP lagi, dan hasil delapan PDP tersebut telah dinyatakan negatif,”pungkasnya. (BKA-1)

Comment