by

LMND Siap Demo Pertamina dan Permata Hitam

Ambon, BKA- Hingga kini, masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sulit mendapat Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak tanah (Mitan). Padahal, bumi bertajuk Ita Wotu Nusa ini dikenal dengan daerah penghasil minyak terbesar di Provinsi Maluku, maupun Indonesia pada umumnya.

Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kota Bula, Ikbal Wattimena mengaku, dalam waktu dekat, pihaknya akan turun jalan menggelar aksi besar-besaran terhadap PT Pertamina dan PT. Permata Hitam sebagai agen mitan. Yakni untuk meminta penjelasan terkait kelangkaan mitan di SBT.

“Saya pastikan, jika kesusahan minyak tanah ini tidak cepat diatasi Pertamina dan Permata Hitam, maka atas nama pimpinan LMND Kota, saya dan pasukan akan turun jalan mempertanyakan akar masalah ini hingga tuntas,” tegas Ikbal, saat menghubungi koran ini, Selasa (12/01).

Dirinya menduga, jangan sampai PT Pertamina dan PT Permata Hitam sengaja melakukan kejahatan dengan cara melakukan penimbunan minyak tanah. “Sampai ada temuan penimbunan mitan, LMND Kota Bula tidak segan-segan membiarkan langkah itu,” ucap dia.

Ikbal juga meminta, agar PT. Permata Hitam sebagai agen tunggal, harus memuaskan pengencer dalam pendistribusian minyak tanah. Sehingga pengecer sebagai pihak ketiga, bisa melayani masyarakat yang membutuhkan mitan di SBT.
“Tidak masuk akal, Kecamatan Bula dalam sehari PT. Permata Hitam hanya menyalurkan 5.000 liter Mitan ke pengecer,” sebutnya.

Sementara dalam sehari, lanjut Ikbal, mobil tangki mitan milik PT. Permata Hitam, keluar melakukan pemuatan itu lebih dari satu kali. “Kira-kira sisanya dikemanakan. Dugaan saya, jangan sampai terjadi kejahatan penimbunan. Ini yang akan kita telusuri,” ucapnya. (SOF)

Comment