by

Lonjakan Harga Ikan Akan Diawasi

Ambon, BKA- Kondisi cuaca saat ini, dinilai kurang mendukung bagi para nelayan untuk melaut. Namun jika lonjakan harga ikan terjadi di pasaran, Dinas Perikanan Kota Ambon akan melakukan operasi pasar.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon Steven Patty menilai, harga ikan yang melonjak naik biasanya karena faktor cuaca yang tidak mendukung bagi nelayan untuk melaut. “Kedepannya nanti kita lihat kalau harga ikan melonjak kita operasi pasar,” ujarnya.

Dengan begitu, pihaknya akan melakukan operasi pasar dengan menyesuaikan perkembangan cuaca. Mengingat untuk harga ikan memang berfluktuasi di pasaran. “Operasi pasar nanti kita lakukan tapi lihat perkembangan lagi,” tuturnya.

Menurutnya, kondisi cuaca saat ini juga turut mempengaruhi aktivitas nelayan untuk melaut. Karena laut yang tidak tenang nelayan tidak melaut, sehingga stok ikan di pasar kosong dan akhirnya ikut berpengaruh pada harga ikan.

“Karena cuaca tidak menentu kadang-kadang kalau cuaca begini nelayan tidak melaut kalau tenang melaut. Jadi mempengaruhi harga ikan karena stok kosong artinya kalau nelayan tidak melaut tidak ikan di pasar,” tuturnya.

Dikatakan, dari BMKG memang saat ini mengeluarkan himbauan waspada gelombang tinggi, yang secara otomatis mempengaruhi kinerja nelayan yang ada. Namun, tidak menutup kemungkinan nelayan tetap melaut untuk menambah stok ikan di pasaran. Sebab, masyarakat di Ambon lebih banyak mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan jenis protein lainnya. (DHT)

Comment