by

Lubang Mirip Sinkhole Kembali Ditemukan di Maros

Ambon, BKA- Warga Dusun Garantiga Desa Simbang Kecamatan Simbang Kabupaten Maros kembali digegerkan oleh lubang misterius menyerupai sinkhole, Sabtu (08/08). Lubang raksasa berukuran diameter 5 meter dan berisikan air dengan kedalaman sekira dua meter.

Lubang itu pertama kali ditemukan oleh warga saat melakukan aktifitas di sawah lokasi liang besar tersebut.

“Jadi kebetulan bapak saya Daeng Mala sama Daeng Ngalle ke sawah Jumat, 7 Agustus. Mereka ke sawah kemudian matikan mesin sumur bor. Selanjutnya mematikan mesin dan memasang selang pembuangan. Waktu mesin dihidupkan kembali air yang keluar itu kotor sekali, warnanya kecokelatan,” sebut Anwar salah seorang warga Dusun Garantiga.

“Pas mereka pergi lihat ternyata ada lubang besar ditengah sawah berisi air. Waktu kejadian mereka tidak mendengar adanya tanda-tanda atau suara apapun. Sampai hari kondisinya juga masih sama tidak bertambah. Hanya air yang sudah mulai surut,” katanya.

Sebelumnya beberapa bulan lalu, warga juga pernah terjadi di Kecamatan Cenrana di desa yang berbeda.

“Dulu pernah terjadi di sekitar sini tapi sudah sepuluh tahunan kayaknya. Pokoknya sudah lama baru ada lagi kejadian seperti ini, jarak lokasi itu dengan yang sekarang sekitar 500 meter,” jelasnya.

Saat ini tanah amblas itu belum diberi pembatas. Sehingga warga masih bisa masuk melihat langsung kondisinya.

Kejadian serupa sempat terjadi Desember lalu, lubang misterius menyerupai sinkhole juga muncul di areal persawahan milik warga di Desa Lebbo Tengae Kecamatan Kabupaten Maros. Akan tetapi jika di Desa Lebbo Tengae sebelum adanya sinkhole didahului suara gemuruh dan bunyi tanah amblas.

Bahkan air terus terisap kedalam dan pinggiran-pinggiran tanah terus berjatuhan (longsor).(Inikata)

Comment