by

Lurah Batu Meja Himbau Warga Ikuti Protap Kesehatan

Ambon, BKA- Pemerintah Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon menghimbau warga untuk tetap mengikuti protap (prosedur tetap) kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan tetap tenang dalam menghadapi Covid-19. Baik warga umum maupun warga yang terinfeksi harus tetap mengikuti protap kesehatan yang sudah ditetapkan.

Sosialisasi dari tingkat kelurahan pun dilakukan dengan melibatkan RT setempat. Bagi warga umum dianjurkan untuk tetap memakai masker dan rajin cuci tangan. Sedangkan untuk warga yang sudah terinfeksi akan langsung dikarantina sesuai dengan prosedur kesehatan. Pemerintah kelurahan juga bekerja sama dengan puskesmas terdekat dalam menangani warga untuk pemeriksaan dan karantina jika positif Covid-19.

“Jadi untuk penanganan Covid di kelurahan ini, pada prinsipnya tetap mengikuti prosedur maupun protap yang diberlakukan oleh pemerintah Kota Ambon. Untuk masyarakat yang sudah terinfeksi dalam hal penanganan pasti ada koordinasi dari dinas kesehatan yang sudah diberikan kepercayaan kepada puskesmas-puskesmas. Kami dari kelurahan hanya mengikuti arahan dari gugus tugas, dalam hal ini kelurahan Batu Meja bekerja sama dengan puskesmas yang ada. Puskesmas Kayu Putih untuk binaan RW 01 sampai RW 05 sementara RW 07 itu binaannya puskesmas Valentine. Seandainya ada masyarakat yang terinfeksi dan sudah ditangani oleh dinas kesehatan maka, kelurahan akan mendapat konfirmasi dari dinas kesehatan,” tutur Siti Tuanaya, Kepala kelurahan Batu Meja, Selasa (28/8).

Tuanaya juga menyadari tidak setiap warga bisa berpikiran terbuka dan tenang jika mengatahui ada warga lain yang terinfeksi, karena semua sudah mengerti bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang ganas. Untuk itu ia bekerja sama dengan RT setempat dalam menghadapi warga yang cemas.
“Koordinasi awal yang kami lakukan, yaitu dengan RT setempat untuk bagaimana menetralisir kondisi dilikungan. Bukan lagi rahasia umum bahwa pasien Covid juga bisa berbahaya, dalam hal ini perlakuan secara psikologis tidak begitu menyenangkan. Mau tidak mau itulah kenyataan dilapangan. Makanya saya selalu menekankan kepada RT agar bisa menangani warga agar tidak menghakimi mereka yang terinfeksi Covid-19,” tambahnya.

Dirinya juga turun langsung untuk bisa memberi dukungan bagi warga yang sudah terinfeksi baik dukungan materi maupun moril, karena ia menyadari bahwa ada saja warga yang tidak mengikuti peraturan yang ada.

“Sebisa mungkin saya memberikan dukungan dan support dalam hal materi maupun moril. Saya juga memberikan bantuan sembako bagi warga yang sedang di isolasi. Tidak menutup kemungkinan bahwa ada saja warga yang bandel karena menolak untuk ditindak lanjuti jika terinfeksi, untungnya penolakan warga tidak terlalu agresif sehingga masih bisa ditangani. Tentunya kami semua berharap agar Covid-19 cepat berakhir. Untuk itu saya tetap menghimbau warga tetap tenang dan selalu mengikuti protab kesehatan. Kami bersama pemerintah tetap ada untuk melayani warga,” pungkasnya. (MG-1)

Comment