by

Mahasiswa Indekos Akan Diberikan Sembako

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon akan memberikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada para mahasiswa indekos atau kos-kosan di Kota Ambon. Hal ini agar dapat membantu para mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua di tengah pandemi Covid-19.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, virus covid 19 yang saat ini sedang mewabah di Kota Ambon juga berdampak bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa yang kos dan jauh dari orang tua.

Pasalnya, saat ini aktivitas perkuliahan sudah tidak beroperasi secara maksimal. Dan mahasiswa yang kos juga belum tentu telah mendapatkan kiriman uang dari orang tua. Sebab, banyak masyarakat yang saat ini kehilangan pekerjaannya akibat wabah Corona.

Dengan begitu, Pemerintah Kota akan memberikan bantuan kepada mahasiswa yang tercatat kos di Kota Ambon. Dan itu berasal dari semua perguruan tinggi yang tersebar di wilayah Kota Ambon.

“Kurang lebih mahasiswa itu ada 4.500 di seluruh kampus. Jadi baik di Unpatti, IAIN, UKIM, STIA dan lainnya,” ungkap, Louhenapessy, kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (29/4).

Menurutnya, untuk sembako yang diberikan disamakan dengan bantuan kepada masyarakat pada umumnya. Yakni dengan nominal Rp 200 ribu per sembako yang disalurkan.

“Sembako masih standarnya 200 ribu, ada beras, gula, telur, minyak, ada kacang ijo, ikan kaleng itu,” bebernya.

Pemerintah Kota, lanjutnya, dalam kegiatan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dalam pendanaan sembako kepada para mahasiswa indekos. Sedangkan untuk pembagiannya Pemerintah Kota juga menggandeng Perguruan Tinggi yang ada untuk mempermudah penyalurannya.

“Untuk mahasiswa juga kita lihat situasi, karena ini kita kerjasama dengan Pemerintah Provinsi. itu kita akan berikan bantuan kepada mahasiswa-mahasiswa kos, kita juga kerjasama dengan kampus. Kita berikan mereka bantuan supaya anak mahasiswa yang mengalami kesulitan pengiriman uang dari orang tuanya, kita bantu untuk sembako. Mudah-mudahan mereka bisa bertahan dengan itu,” harapnya.

Dituturkan, untuk sembako, Pemerintah Kota berupaya membantu seluruh masyarakat baik yang mendapatkan bantuan dari kementerian melalui beberapa program, maupun kalangan masyarakat miskin baru yang kehilangan pekerjaan akibat Covid 19 serta masyarakat lainnya.

Dengan adanya wabah Corona, Pemerintah Kota bersyukur karena dapat mengupdate data masyarakat yang ada di Kota Ambon.

“Saya bersyukur dengan kondisi ini, karena kita bisa lihat lagi kita punya data-data selama ini orang menerima bantuan,” tutup walikota dua periode ini. (DHT)

Comment