by

Mahasiswa KKN UKIM Partisipasi Cegah Penyebaran Covid-19

Ambon, BKA- Mahasiswa KKN Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) angkatan XLIX semester antara tahun akademik 2019/2010, turut berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat.

Selama proses KKN dilakukan, sejumlah mahasiswa tahap akhir ini juga melakukan berbagai program kerjanya, termasuk program yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 ditengah masyarakat, seperti yang dilakukan di RT 006/RW 005 OSM, Jalan Nn. Sear Sopacua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN PPM angkatan angkatan XLIX tersebut tentu saja mendapat apresiasi masyarakat, terutama dari Ketua RT 006/RW 005, Deni Parera.

Menurut Parera, hasil kerja para mahasiswa KKN selama satu bulan yang dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, walaupun dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga dia sangat bersyukur, karena kehadiran para mahasiswa tersebut sudah membantunya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat.

Untuk itu dia berharap, kedepannya terus ada mahasiswa KKN yang melakukan pengabdian, agar masyarakat bisa terus terbantu. “Kehadiran mereka memang sangat membantu kita, apalagi di masa pandemi ini. Karena ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UKIM ini, diantaranya, sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 melalui media leaflet dan brosur kesehatan yang didesain sendiri oleh mahasiswa dan disebarkan pada tiap rumah, pembuatan masker kain sesuai standar kesehatan dan didistribusikan kepada masyarakat, meramu cairan desinfektan dan melakukan penyemprotan dari rumah ke rumah, serta penyediaan hand wash pada wastafel yang disiapkan pemerintah. Saya sangat apresiasi sekali terhdap apa yang sudah dilakukan itu, karena memberikan manfaat positif bagi kami. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan setiap semesternya, kerena sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Parera, Senin (3/8).

Sementara itu, salah satu instruktur mahasiswa KKN PPM UKIM, Ns. Dene Sumah, mengatakan, program KKN PPM yang dilakukan setiap semester sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Dalam pelaksanaan KKN, katanya, ada sejumlah lokasi yang sudah ditentukan. Sehingga diharapkan, semua mahasiswa KKN dapat melakukan pengabdian dengan baik.

“Jadi untuk semester antara tahun ajaran 2019/2020 ini, ada beberapa lokasi yang sudah kita pilih untuk menjadi tempat KKN PPM. Yang dimana, dalam semua kegiatan selama KKN, diharapkan mahasiswa bisa ikut berpartisipasi membantu pemerintah setempat cegah penyebaran Covid-19. Puji Tuhan, mereka bisa lakukan itu dengan baik. Salah satunya di lokasi RT 006/RW 005 OSM, Jl.Nn. Sear Sopacua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Semoga kedepan, kita bisa ada program yang lebih membantu masyarakat dari segi kesehatan dan pemberdayaan.” pungkas Sumah. (LAM)

Comment