by

Mahasiswa Silahkan Ajukan Permohonan Keringanan UKT

Ambon, BKA- Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Hubungan Masyarakat dan Alumni Unpatti, Daniel Nanuru, meminta mahasiswa Unpatti Ambon yang terdampak pandemi Covid-19 untuk mengajukan permohonan keringan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT)).

Untuk mengajukan permohonan keringanan UKT tersebut, kata Nanuru, perlu menyertakan data pokok tentang perubahan kemampuan ekonomi mahasiswa.

Ada beberapa opsi keringanan yang ditawarkan bagi mahasiswa, yaitu, pembebasan sementara, pengurangan, pergeseran klaster, pembayaran mengangsur, dan penundaan pembayaran UKT.

“Jadi, silahkan mengajukan surat permohonan keringanan biaya UKT kepada dekan masing-masing faskultas. Nanti di faskultas melakukan kajian, barulah diusulkan ke pihak universitas. Sampai disana, ada kajian lagi. Selesai itu baru dibuat dalam Surat Keputusan (SK) rektor,” kata Nanuru, Rabu (22/7).

Ia menerangkan, ketentuan mengenai keringanan UKT tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 39 Tahun 2017, tentang tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, serta sesuai ketentuan pasal 9 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 25 tahun 2020 tentang standar biaya operasional pendidikan tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sebagai impelementasinya, kata Nanuru, Rektor Unpatti Ambon, Prof. Dr. M. J. Sapteno, telah menerbitkan peraturan nomor 1 tahun 2020 tanggal 30 Juni 2020, yang mengatur tentang keringanan UKT di lingkungan Unpatti, dan keputusan nomor:1428/UN13/SK/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang tata cara pengajuan keringanan UKT.

“Dengan peraturan tersebut, maka seluruh mahasiswa dapat mengajukan keringanan UKT, kecuali mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Semua pengajuan keringanan UKT bisa dilakukan secara langsung maupun secara online, yang dimulai sejak 20 Juli hingga 1 Agustus mendatang. Bagi yang tidak mengajukan pada waktu itu, tidak bisa dilayani lagi. Sebab pembayaran UKT semester ganjil 2020/2021 bagi mahasiswa lama sudah dimulai sejak 9 Juli hingga 31 Agustus. Jadi, kita harus jalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” papar Nanuru.(LAM)

Comment