by

Mahasiswa UKIM Dapat Dispensasi

Ambon, BKA- Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) yang belum membayar uang Semester Antara, diberi dispensasi oleh pihak kampus.

Wakil Rektor (WR) Bidang Keuangan UKIM, S. J. Heanussa, mengungkapkan, dispensasi itu diberikan karena sebagai bentuk toleransi kampus tersebut terhadap mahasiswa, terutama yang terdampak wabah virus corona.

Hingga saat ini, ungkapnya, baru sekitar 70 persen dari jumlah mahasiswa yang telah melunasi uang Semester Antara yang akan dimulai pada 8 Juni mendatang.

“Belum semua mahasiswa membayar uang semester. Karena itu, atas kebijakan pimpinan, akan diberikan dispensasi. Bagi mereka yang benar-benar merasakan dampak Covid-19 ini,” ungkap Heanussa, Sabtu (30/5).

Memang, katanya, akibat wabah Covid-19, banyak orangtua yang mengalami kesuliatan dalam membiayai kelanjutan hidup, termasuk membayar uang kuliah anak-anak. Sehingga pihak kampus juga tidak mau memaksa.

“Banyak orangtua mahasiswa yang terkena dampak wabah Covid-19. Pekerjaan tertunda, bahkan ada orang tua yang hilang pekerjaan. Jadi dampaknya ke pembayaran SPP Semester Antara ini,” katanya.

Lanjutnya, memang sebelumnya telah ada kebijakan pembayaran uang Semester Antara hanya 50 persen dari uang semester yang seharusnya. Namun itu tidak menjamin kalau semua mahasiswa dapat membayar sesuai dengan waktu yang ditetapkan, karena memang kondisi saat ini terbilang sulit.

“Jadi kita akan perpanjang pembayaran sampai dengan tanggal 5 Juni. Selain itu, kita berikan dispensasi bagi mereka yang memang tidak bisa membayar uang semester karena dampak Covid-19 ini. Karena itu, bagi mahasiswa yang tidak bisa bayar dalam waktu dekat ini, bisa langsung datang di Bidang Keuangan untuk melaporkan diri, agar bisa diketahui secara pasti, jumlah mahasiswa yang tunda pembayaran,” pungkas Heanussa. (LAM)

Comment