by

Mahasiswa UKIM Edukasi Pencegahan Covid-19 di Sekolah

Ambon, BKA- Mahasiswa KKN–PPM Universitas Kristen Indonesia (UKIM) Fakultas Kesehatan, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, melakukan edukasi pencegahan Covid1-19 di sejumlah sekolah di Kota Ambon. Salah satunya di SMP Negeri 10 Ambon.

Bukan hanya sekedar melakukan edukasi pencegahan Covid-19 di sekolah itu, namun juga digelar kegiatan pengecekan suhu tubuh terhadap mitra (guru, pegawai, siswa) yang hadir, memberikan bantuan peralatan pencegahan Covid-19, serta melakukan penyemprotan desinfektan di semua ruang belajar, ruang guru, laboratorium, kantor, dan lingkungan sekolah itu.

Langkah yang dilakukan mahaisiswa KKN-PPM UKIM itu mendapat apresiasi dari kepala SMP Negeri 10 Ambon, D. Masela. Menurutnya, berbagai program yang dijalankan oleh mahasiswa KKN itu dinilai sangat membantunya dalam melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Karena itu, Ia berjanji akan selalu memberikan kesempatan kepada pihak UKIM untuk melakukan kegiatan yang sama di Sekolah yang dipimpinnya itu.

“Apa yang dilakukan itu sangat membantu sekali. Jadi silahkan saja, kalau ada yang melakukan KKN atau pengabdian kepada masyarakat atau dilingkungan sekolah, saya siap menerima demi kebaikan kita semua,” ungkapnya.

Instruktur atau Pendamping mahasiswa KKN-PPM UKIM Angkatan XLIX Lokasi Sirimau 4 dan 5, Lucky P. Molle, mengatakan, semua kegiatan yang dilaksanakan itu mengacu pada aturan yang diturunkan dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UKIM, yakni, Kelompok Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat berkolaborasi dengan mitra, sehingga segala program kegiatan yang dijalankan diharapkan dapat berdaya dan berhasil.

Molle juga mengatakan, keberhasilan pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh mahasiswa hasil bimbingannya itu, tidak terlepas dari semangat kerja dan kesungguhan yang tinggi dari para mahasiswa serta partisipasi dari pihak mitra.

“Terima kasih perlu disampaikan kepada LPM UKIM, Kepsek SMP Negeri 10 Ambon, dan Tim Gugus Covid-19 Kota Ambon, Kecamatan Nusaniwe, Kelurahan Wainitu RT. 002/05. Karena atas dukungannya, semua kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Semoga apa yang dilakukan itu dapat memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat Ambon secara umum dan Mitra secara khusus (SMPN 10 Ambon).”tutup Molle. (LAM)

Comment