by

Masyarakat Diminta Lapor Untuk Bansos

Ambon, BKA- Walikota Ambon Richard louhenapessy, meminta seluruh masyarakat di Kota Ambon yang terdampak dari Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk segera melapor kepada lurah atau desa setempat, guna memperoleh bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah.

Hal ini mengingat penerapan PSBB direncanakan akan kembali diperpanjang selama 14 hari, sehingga Pemerintah Kota Ambon kembali membuka peluang bagi masyarakat yang merasa belum menerima bansos dari pemerintah.

“Memang dampaknya PSBB kepada masyarakat mulai terasa. Saya juga minta kepada masyarakat lain yang juga akan terdampak. Dan dengan ini Pemerintah Kota membuka peluang, kalau ada yang merasa terdampak silakan melaporkan itu kepada lurah setempat. Lalu kita tinggal antisipasi dia Untuk mendapatkan bantuan jaminan sosial itu,” ungkap Louhenapessy kepada wartawan, di hotel Marina, Minggu (5/7).

Dikatakan, dengan adanya penerapan PSBB banyak tempat usaha yang ditutup terutama tempat usaha yang tidak memenuhi syarat dalam perwali PSB tersebut. Sehingga masyarakat akan sangat merasakan dampak yang terjadi akibat pandemi covid 19.

Dengan adanya tempat usaha yang ditutup, lanjut dia, akan membuat masyarakat kesulitan untuk memperoleh penghasilan. Sebab, tempat usaha yang di izinkan untuk beroperasi saat SBB yakni hanya toko sembako, bangunan maupun peralatan pemakaman. Dan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Dan saat ini, sudah ada sebanyak 50.595 keluarga yang ada di Kota Ambon telah menerima bantuan sosial. Baik berupa sembako maupun bantuan langsung tunai (BLT).

Menurutnya, berdasarkan data yang ada pemerintah telah menyalurkan kepada penerima atau masyarakat yang berhak untuk menerima sembako maupun BLT, akibat pandemi covid 19.

“Jadi sampai dengan hari ini bantuan terus jalan. Itu 50.595 keluarga yang sudah kita bantu itu dalam bentuk sembako tapi juga dalam bentuk BLT yang ada di desa-desa,” sebutnya.

Ketua DPD II Golkar Kota Ambon ini berharap, masyarakat dapat terbantu dengan adanya bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah, untuk menunjang hidupnya saat ada penerapan PSBB di Kota Ambon.

PSBB di Kota Ambon sendiri dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Pasalnya Kota Ambon sendiri sudah masuk dalam zona merah penyebaran covid 19.

Untuk itu 19 harus diputus penyebarannya, sehingga seluruh aktivitas dapat kembali berjalan dengan normal seperti sebelumnya. (DHT)

Comment