by

Masyarakat Kesulitan Daftar Kartu Prakerja

Ambon, BKA- Pendaftaran program kartu prakerja, telah resmi dibuka sejak beberapa waktu lalu. Sayangnya sejumlah masyarakat mengaku masih kesulitan melakukan pendaftaran. Ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon, Godlief Soplanit, saat dihubungi koran ini, Minggu (14/6).

Menurut Soplanit, kesulitan yang dihadapi masyarakat selama ini pada pendaftaran kartu prakerja, yakni membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mendaftar.

“Masyarakat yang berhasil masuk ke sistem saja diperlukan waktu dua sampai tiga hari untuk mendaftar,” beber dia.

Bahkan hingga saat ini, sebutnya, ada yang telah mendaftar meski untuk gelombang yang dibuka belum tertera. Sehingga masyarakat kesulitan dan masih bertanya-tanya terkait kendala dimaksud. Sementara ada sebagian masyarakat yang telah berhasil mendaftar, tapi saat akan mengikuti tahapan selanjutnya masih ada penundaan.

“Ribetnya di loading untuk masuk ke sistem, jadi membuat orang malas. Kadang ada juga yang begadang untuk mendaftar, bisa sampai dengan dua hari pun juga tidak dapat masuk,” ucap dia.

Dijelaskan, untuk masalah pendaftaran sendiri dapat dibantu oleh pihaknya karena sistem yang digunakan sudah terhubung dengan sistem pusat, sehingga mempermudah pendaftaran.

Hanya saja, saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 di Kota Ambon sehingga aktivitas kumpul-kumpul dihentikan untuk sementara waktu. Dan masyarakat harus mengaksesnya dari perangkat digital masing-masing.

“Bisa saja membantu masyarakat katanya untuk mendaftar di sistem, karena memang sistem di dinas terkoneksi langsung dengan pusat. Namun karena kondisi Ambon adalah zona merah Covid-19, sehingga kami tidak dapat membantu,” imbuhnya.

Hal tersebut, lanjut dia, akan turut membantu masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Ambon. Dan pihaknya juga dianjurkan untuk tetap menjaga keselamatan dengan tidak melayani adanya perkumpulan.

“Kita tidak berani lagi, karena kota ini masuk zona merah. Pegawai juga mesti jaga keselamatan,” pesannya.

Kendati demikian, animo masyarakat untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja cukup besar hingga saat ini. Sehingga dirinya menilai, jumlah pendaftar meningkat karena pengaruh insentif yang diberikan setelah lolos pada kartu prakerja tersebut dapat dimanfaatkan dalam kondisi pandemi ini.

“Untuk tahap I dan II, datanya kita tidak tahu berapa banyak pendaftar. Tapi memang animonya tinggi,” tutup Soplanit. (DHT)

Comment